Jum'at, 11/10/2024 18:15 WIB

Selama 10 Tahun, Setoran ESDM Terhadap PNBP Tembus Rp1.800 Triliun

Merujuk setoran yang cukup signifikan itu maka sektor ESDM merupakan sektor yang sangat strategis dan memiliki potensi yang sangat besar

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: Dok. CNN Indonesia)

Jakarta, Jurnas.com - Selama 10 tahun ini, Presiden Joko Widodo mengatakan jika setoran sektor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terhadap Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) mencapai Rp1.800 triliun.

Merujuk setoran yang cukup signifikan itu maka sektor ESDM merupakan sektor yang sangat strategis dan memiliki potensi yang sangat besar.

Sektor yang memberikan multiplier effect yang besar bagi perekonomian nasional.

"Kita tahu dari 2014 sampai hari ini di PNBP yang diterima oleh negara dari ESDM, berarti sepuluh tahun, besar sekali kurang lebih Rp1.800 triliun. Kalau melihat dua tahun yang lalu 2022 itu Rp348 triliun, kemudian di tahun 2023 itu Rp229 triliun. Per tahunnya juga sangat besar sekali," kata Joko Widodo.

Besarnya angka setoran itu maka Joko Widodo juga mengaku tidak heran bahwa Menteri ESDM Bahlil Lahadalia bolak-balik mendatanginya untuk bertanya perihal tunjangan bagi para pegawai Kementerian ESDM.

"Pak Menteri ini bolak-balik mendorong saya, menanyakan ke saya enggak sekali-dua kali. Saya akan tanda tangan kalau barang itu sampai di meja saya. Sampai malam ini belum, belum sampai di meja saya, tetapi memang sudah sedikit lagi. Jadi begitu sampai di meja saya akan saya tanda tangani yang namanya tunjangan tadi," paparnya.

KEYWORD :

Joko Widodo PNBP ESDM




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :