Sabtu, 12/10/2024 12:25 WIB

Hentikan Konflik Gaza dan Lebanon, Presiden Prancis Serukan Akhiri Ekspor Senjata

Hentikan Konflik Gaza dan Lebanon, Presiden Prancis Serukan Akhiri Ekspor Senjata

Presiden Prancis Emmanuel Macron terlihat setelah berfoto bersama KTT Euro-Mediterania di Siprus, 11 Oktober 2024. REUTERS

PAPHOS - Presiden Prancis Emmanuel Macron pada hari Jumat menegaskan kembali seruannya untuk mengakhiri ekspor senjata ke Jalur Gaza dan Lebanon, menambahkan bahwa itu adalah satu-satunya cara yang ada untuk mengakhiri dua konflik yang mempertemukan Israel dengan Hamas dan Hizbullah yang didukung Iran.

"Ini sama sekali bukan seruan untuk melucuti senjata Israel (...) tetapi seruan untuk menghentikan segala bentuk destabilisasi di belahan dunia ini", kata Macron dalam konferensi pers di Siprus di akhir pertemuan Med9, yang mempertemukan negara-negara Mediterania di Uni Eropa.

Konflik antara Israel dan Hizbullah meletus setahun yang lalu ketika kelompok itu mulai meluncurkan roket ke Israel utara untuk mendukung kelompok militan Palestina Hamas pada awal perang Gaza, yang diikuti oleh amukan berdarah oleh Hamas melalui komunitas-komunitas di Israel selatan yang menewaskan 1.200 orang dalam hitungan jam.

Konflik tersebut telah meningkat dalam beberapa minggu terakhir, dengan Israel membom Lebanon selatan, pinggiran selatan Beirut, dan Lembah Bekaa, menewaskan banyak pemimpin tertinggi Hizbullah, dan mengirim pasukan darat ke wilayah-wilayah Lebanon selatan.

Hizbullah sendiri telah menembakkan roket lebih dalam ke Israel.

"Kami telah menegaskan kembali perlunya gencatan senjata, dan gencatan senjata ini penting baik di Gaza maupun di Lebanon. Gencatan senjata ini penting sekarang baik bagi sandera kami maupun penduduk sipil yang menjadi korban kekerasan, dan untuk menghindari kontaminasi regional", katanya.

"Itulah sebabnya Prancis menyerukan diakhirinya ekspor senjata yang digunakan di medan perang ini (...). Kita semua tahu bahwa ini adalah satu-satunya cara untuk mengakhirinya", Macron menambahkan.

Sabtu lalu, presiden Prancis telah mengatakan pengiriman senjata yang digunakan dalam konflik di Gaza harus dihentikan sebagai bagian dari upaya yang lebih luas untuk menemukan solusi politik, yang mendorong Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk mengatakan keesokan harinya bahwa pembatasan terhadap Israel hanya akan menguntungkan Iran dan proksinya.

Prancis bukanlah pemasok senjata utama bagi Israel, mengirimkan peralatan militer senilai 30 juta euro ($33 juta) tahun lalu, menurut laporan ekspor senjata tahunan kementerian pertahanan.

KEYWORD :

Israel Iran Eskalasi Timur Tengah Ekspor Senjata




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :