Minggu, 13/10/2024 04:22 WIB

Pemogokan Berdampak pada Keuangan, Boeing Pangkas 17.000 Pekerjaan

Pemogokan Berdampak pada Keuangan, Boeing Pangkas 17.000 Pekerjaan

Pekerja Boeing Maria Hamshaw dan Tim Mattingly, memegang pesawat tiup dekat pintu masuk fasilitas produksi Boeing di Renton, Washington, AS, 11 Oktober 2024. REUTERS

WASHINGTON - Boeing akan memangkas 17.000 pekerjaan, menunda pengiriman pertama jet 777X selama setahun dan mencatat kerugian $5 miliar pada kuartal ketiga, karena pembuat pesawat AS itu terus terpuruk selama pemogokan selama sebulan.

CEO Kelly Ortberg mengatakan dalam sebuah pesan kepada karyawan bahwa Boeing harus mengurangi jumlah tenaga kerjanya "agar sesuai dengan realitas keuangan kami". Hal ini terjadi setelah pemogokan yang masih berlangsung oleh 33.000 pekerja sehingga menghentikan produksi jet 737 MAX, 767 dan 777.

"Kami mengatur ulang jumlah tenaga kerja kami agar sesuai dengan realitas keuangan kami dan dengan serangkaian prioritas yang lebih terfokus. Selama beberapa bulan mendatang, kami berencana untuk mengurangi jumlah total tenaga kerja kami sekitar 10 persen. Pengurangan ini akan mencakup para eksekutif, manajer, dan karyawan,” kata pesan Ortberg.

Saham Boeing turun 2,12% dalam perdagangan setelah pasar.

Perubahan besar-besaran ini merupakan langkah besar Ortberg, yang tiba pada bulan Agustus di pucuk pimpinan pembuat pesawat yang terkepung itu dengan janji untuk mengatur ulang hubungan dengan serikat pekerja dan karyawannya.

Thomas Hayes, manajer ekuitas di Great Hill Capital, mengatakan melalui email bahwa PHK tersebut dapat memberi tekanan pada karyawan untuk mengakhiri pemogokan.

“Pekerja yang mogok yang untuk sementara tidak memiliki gaji tidak ingin menjadi pekerja yang menganggur yang secara permanen tidak memiliki gaji,” kata Hayes. ”Saya memperkirakan pemogokan akan diselesaikan dalam waktu seminggu karena para pekerja ini tidak ingin mendapati diri mereka dalam gelombang PHK 17.000 berikutnya.”

Boeing mencatat biaya pendapatan sebelum pajak sebesar total $5 miliar untuk bisnis pertahanannya dan dua program pesawat komersial. Boeing, yang melaporkan laba kuartal ketiga pada 23 Oktober, mengatakan dalam rilis terpisah bahwa mereka sekarang mengharapkan pendapatan sebesar $17,8 miliar, rugi per saham sebesar $9,97, dan arus kas operasi negatif yang lebih baik dari yang diharapkan sebesar $1,3 miliar.

Rata-rata analis memperkirakan Boeing akan menghasilkan pembakaran kas kuartalan sebesar negatif $3,8 miliar menurut data LSEG.

Mencapai kesepakatan untuk mengakhiri penghentian kerja sangat penting bagi Boeing, yang mengajukan tuntutan praktik ketenagakerjaan yang tidak adil pada hari Rabu dengan menuduh serikat pekerja masinis gagal berunding dengan itikad baik. Lembaga pemeringkat S&P memperkirakan pemogokan tersebut merugikan Boeing $1 miliar per bulan dan perusahaan berisiko kehilangan peringkat kredit investasi yang berharga.

Ortberg juga mengatakan Boeing telah memberi tahu pelanggan bahwa mereka sekarang mengharapkan pengiriman pertama 777X pada tahun 2026 karena tantangan dalam pengembangan, jeda uji terbang, dan penghentian kerja. Boeing telah “menghadapi masalah dengan sertifikasi 777 yang secara signifikan menunda peluncuran pesawat tersebut.

“Meskipun bisnis kami menghadapi tantangan jangka pendek, kami membuat keputusan strategis yang penting untuk masa depan kami dan memiliki pandangan yang jelas tentang pekerjaan yang harus kami lakukan untuk memulihkan perusahaan kami,” Ortberg menambahkan dalam sebuah pernyataan.

Boeing akan mengakhiri program pesawat kargo 767 pada tahun 2027 ketika menyelesaikan dan mengirimkan 29 pesawat yang tersisa yang dipesan tetapi mengatakan produksi untuk Tanker KC-46A akan terus berlanjut.

Perusahaan mengatakan sehubungan dengan pemutusan hubungan kerja, mereka akan mengakhiri program cuti bagi karyawan bergaji yang diumumkan pada bulan September.

Bahkan sebelum pemogokan dimulai pada tanggal 13 September, perusahaan telah membakar uang tunai karena berjuang untuk pulih dari ledakan panel di udara pada bulan Januari pada pesawat baru yang mengungkap protokol keselamatan yang lemah dan mendorong regulator AS untuk mengekang produksinya. Reuters melaporkan minggu ini Boeing sedang mengkaji opsi untuk mengumpulkan miliaran dolar melalui penjualan saham dan sekuritas sejenis ekuitas.

Opsi ini termasuk menjual saham biasa serta sekuritas seperti obligasi wajib konversi dan ekuitas preferen, menurut sumber tersebut. Salah satu sumber mengatakan mereka menyarankan Boeing untuk mengumpulkan sekitar $10 miliar.

Perusahaan tersebut memiliki utang sekitar $60 miliar dan membukukan kerugian arus kas operasional lebih dari $7 miliar untuk paruh pertama tahun 2024.

Analis memperkirakan Boeing perlu mengumpulkan antara $10 miliar dan $15 miliar untuk mempertahankan peringkatnya, yang sekarang satu tingkat di atas junk.

KEYWORD :

Mogok Pekerja Boeing MAX Produksi Terhenti




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :