Senin, 14/10/2024 01:18 WIB

Sandiaga Uno Siapkan Dokumen Jika Kemenparekraf Dipecah

Dokumen tersebut telah disiapkan tim SDM Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk mempercepat kerja-kerja di dua kementerian 

Menparekraf Sandiaga Uno saat memberikan sambutan di event High-level Thematic Debate on Tourism yang diadakan oleh United Nations General Assembly Hall, New York, Amerika Serikat, Rabu 4 Mei 2022. (Humas Kemenparekraf)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Sandiaga Salahuddin Uno telah menyiapkan dokumen berkaitan wacana pemisahan Kemenparekraf menjadi dua kementerian dalam kabinet Prabowo Subianto.

"Dari beberapa dokumen yang saya terima dan informasi yang beredar, Kemenparekraf akan dipecah menjadi dua kementerian yakni Kementerian Pariwisata dan Kementerian Ekonomi Kreatif, dan tentunya di dokumen teknokrasi dan transisi telah kami siapkan," kata Sandiaga.

Menurut dia, dokumen tersebut telah disiapkan tim Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) untuk mempercepat kerja-kerja di dua kementerian tersebut apabila jadi dipisah menjadi dua kementerian.

"Jadi, tidak perlu lama-lama untuk melakukan pemisahan. Apalagi, kita dulu pernah dipisah tahun 2014-2019. Ini nanti tinggal eksekusi dengan baik dan SDM kami di Parekraf sudah siap untuk nanti menyambut dua Kementerian baru ini," papar mantan calon wakil presiden Prabowo Subianto di Pilpres 2019 ini menyarankan.

Selain itu, dengan adanya pemisahan dua kementerian tersebut maka tentunya diperlukan perubahan-perubahan terkait dengan tata laksana dan prosedur kerja yang sebelumnya satu kementerian menjadi dua di tiap masing-masing kementerian nanti.

"Tentunya harus direvisi, karena jika nanti ada dua kementerian maka akan ada kebutuhan tambahan pendanaan," ungkap kepada wartawan seusai menghadiri wisuda mahasiswa Poltekpar Makassar di Anjungan Pantai Losari.

Kendati masa tugasnya berakhir pada 20 Oktober 2024 seiring dengan permulaan masa pemerintahan Prabowo-Gibran yang dimulai di tanggal yang sama setelah di lantik di Gedung DPR-MPR RI, pihaknya telah menyiapkan penyambutan.

"Tanggal 20, kami sudah menyiapkan semua prosesi menyambut presiden baru. Tentunya, para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif ini paling imajinatif. Jadi, kita nanti di beberapa titik akan menyiapkan prosesi penyambutan presiden baru," tutur Sandi.

KEYWORD :

Sandiaga Uno Kemenparekraf




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :