Senin, 14/10/2024 03:23 WIB

Strategi Baru AS dengan Membiarkan Konflik di Lebanon, Picu Perang Lebih Luas

Strategi Baru AS dengan Membiarkan Konflik di Lebanon, Picu Perang Lebih Luas

Asap dan api membubung di atas Beirut, setelah serangan udara Israel, seperti yang terlihat dari Sin El Fil, Beirut, 10 Oktober 2024. REUTERS

WASHINGTON - Setelah berminggu-minggu diplomasi intensif yang bertujuan untuk mengamankan gencatan senjata antara Israel dan militan Hizbullah, Amerika Serikat telah memutuskan pendekatan yang sama sekali berbeda: biarkan konflik yang sedang berlangsung di Lebanon terjadi.

Baru dua minggu lalu, Amerika Serikat dan Prancis menuntut gencatan senjata segera selama 21 hari untuk menangkal invasi Israel ke Lebanon. Upaya itu digagalkan oleh pembunuhan pemimpin Hizbullah Syed Hassan Nasrallah oleh Israel, peluncuran operasi darat Israel pada 1 Oktober di Lebanon selatan, dan serangan udara Israel yang telah memusnahkan sebagian besar pimpinan kelompok itu.

Kini, pejabat AS telah mencabut seruan mereka untuk gencatan senjata, dengan alasan bahwa keadaan telah berubah.

"Kami mendukung Israel melancarkan serangan ini untuk merusak infrastruktur Hizbullah sehingga pada akhirnya kami bisa mendapatkan resolusi diplomatik," kata juru bicara Departemen Luar Negeri Matthew Miller dalam jumpa pers awal minggu ini.

Perubahan arah ini mencerminkan tujuan AS yang saling bertentangan - mengatasi konflik Timur Tengah yang terus berkembang sambil juga melemahkan Hizbullah yang didukung Iran.

Pendekatan baru ini praktis dan berisiko.
AS dan Israel akan diuntungkan dengan kekalahan musuh bersama - Hizbullah, yang digunakan Teheran untuk mengancam perbatasan utara Israel - tetapi mendorong perluasan kampanye militer Israel berisiko menimbulkan konflik yang tidak terkendali.

Jon Alterman, mantan pejabat Departemen Luar Negeri, mengatakan AS ingin melihat Hizbullah melemah tetapi harus mempertimbangkannya dengan risiko "menciptakan kekosongan" di Lebanon atau memicu perang regional.

Pendekatan Washington, katanya, tampaknya adalah: "Jika Anda tidak dapat mengubah pendekatan Israel, Anda mungkin juga mencoba menyalurkannya dengan cara yang konstruktif."

KEBAIKAN KEBUTUHAN
Pertarungan terakhir Israel dengan Hizbullah dimulai ketika kelompok itu menembakkan rudal ke posisi Israel segera setelah serangan 7 Oktober 2023 oleh orang-orang bersenjata Hamas di Israel yang memicu perang Gaza. Hizbullah dan Israel telah saling tembak sejak saat itu.

Ketika perundingan gencatan senjata tidak langsung selama berbulan-bulan antara Israel dan Hamas tidak membuahkan hasil, Israel pada bulan September mulai meningkatkan pembomannya terhadap Hizbullah dan melancarkan serangan yang menyakitkan terhadap kelompok tersebut, termasuk meledakkan pager dan radio Hizbullah dari jarak jauh, yang melukai ribuan anggota kelompok tersebut.

Setelah kematian Nasrallah - yang disebut AS sebagai "ukuran keadilan" - Presiden AS Joe Biden kembali menyerukan gencatan senjata di sepanjang perbatasan Israel-Lebanon.

Pemerintah Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu tetap melancarkan invasi daratnya dan dalam beberapa hari AS telah mencabut seruannya untuk gencatan senjata dan menyatakan dukungannya terhadap kampanye sekutunya tersebut.

Aaron David Miller, mantan negosiator Timur Tengah AS, mengatakan Washington tidak memiliki banyak harapan untuk menahan Israel dan melihat potensi manfaat dalam operasi tersebut. "Hal itu tentu saja menciptakan momentum di mana pemerintah mungkin berpikir, `Mari kita jadikan kebutuhan sebagai suatu kebajikan`," katanya. Dia menambahkan bahwa pejabat AS juga kemungkinan menyimpan pengaruh untuk mencoba dan membatasi pembalasan Israel atas serangan rudal balistik yang dilakukan Teheran minggu lalu.

Saat ini, tidak ada pembicaraan gencatan senjata yang berarti sedang berlangsung, kata sumber-sumber Eropa yang mengetahui masalah tersebut, seraya menambahkan bahwa Israel akan terus melanjutkan operasi mereka di Lebanon "selama berminggu-minggu jika tidak berbulan-bulan." Dua pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa itu mungkin merupakan garis waktu yang tepat.

Bagi AS, kampanye Israel dapat membawa setidaknya dua manfaat.

Pertama, melemahkan Hizbullah - milisi proksi Iran yang paling kuat - dapat mengekang pengaruh Teheran di kawasan tersebut dan menurunkan ancaman terhadap Israel dan pasukan AS.

Washington juga percaya bahwa tekanan militer dapat memaksa Hizbullah untuk meletakkan senjata dan membuka jalan bagi pemilihan pemerintahan baru di Lebanon yang akan menggulingkan gerakan milisi yang kuat, yang telah menjadi pemain penting di Lebanon selama beberapa dekade. Jonathan Lord, mantan pejabat Pentagon yang sekarang bekerja di Center for a New American Security di Washington, mengatakan bahwa hal itu akan sulit dicapai.

"Di satu sisi, banyak orang Lebanon merasa kesal dengan kehadiran Hizbullah di Lebanon. Namun di saat yang sama ... perubahan ini dipaksakan kepada Lebanon melalui kampanye yang sangat keras," kata Lord.

STRATEGI BERISIKO
Tujuan akhir, kata pejabat AS minggu ini, adalah untuk menegakkan resolusi Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa 1701, yang mengamanatkan misi penjaga perdamaian PBB - yang dikenal sebagai UNIFIL - untuk membantu Lebanon Angkatan Darat menjaga wilayah perbatasan selatannya dengan Israel bebas dari senjata atau personel bersenjata selain dari negara Lebanon.

Pejabat AS mengatakan pembicaraan dengan pihak-pihak terkait untuk mencapai tujuan ini dapat dilakukan saat pertempuran terus berlanjut, meskipun analis memperingatkan konflik tersebut sangat meningkatkan risiko perang yang lebih luas, terutama saat wilayah tersebut menunggu tanggapan Israel terhadap serangan rudal Iran.

Di luar kemungkinan perang yang dapat melibatkan Amerika Serikat, ada kekhawatiran bahwa Lebanon akan menjadi Gaza lainnya.

Operasi militer Israel selama setahun telah mengubah daerah kantong itu menjadi gurun dan menewaskan hampir 42.000 orang, menurut pejabat kesehatan Gaza. Pejabat AS secara terbuka memperingatkan bahwa serangan Israel di Lebanon sama sekali tidak boleh menyerupai serangan di Jalur Gaza.

Meskipun ada bahaya tersebut, Alterman, yang sekarang mengepalai program Timur Tengah di Pusat Studi Strategis dan Internasional, mengatakan diplomasi tidak mungkin menghentikan pertempuran dalam waktu dekat.

"Netanyahu melihat semua pertaruhannya membuahkan hasil dan menurut saya ini adalah saat yang sulit bagi Israel untuk merasa harus berhenti memanfaatkan keuntungannya," katanya.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :