Selasa, 15/10/2024 05:17 WIB

Sekjen PBB Kutuk Serangan Rudal, Israel Kecewa dan Nyatakan Persona Non Grata

Sekjen PBB Kutuk Serangan Rudal, Israel Kecewa dan Nyatakan Persona Non Grata

Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz menunggu rekan-rekannya dari Inggris dan Prancis menjelang pertemuan di Yerusalem 16 Agustus 2024. REUTERS

BEIRUT - Menteri Luar Negeri Israel Israel Katz pada hari Minggu menegaskan kembali keputusannya untuk menyatakan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres sebagai persona non grata atas apa yang ia gambarkan sebagai kegagalan untuk mengutuk serangan rudal Iran dan antisemitisme dan perilaku anti-Israel.

Pada tanggal 2 Oktober, Katz mengatakan bahwa ia melarang Guterres memasuki Israel. Ia memposting di X pada hari Minggu bahwa "Guterres dapat terus mencari dukungan dari negara-negara anggota PBB, tetapi keputusan tersebut tidak akan berubah."

Juru bicara PBB Stephane Dujarric menggambarkan pengumuman awal pada tanggal 2 Oktober sebagai politis dan "hanya satu serangan lagi, bisa dikatakan, terhadap staf PBB yang telah kita lihat dari pemerintah Israel."

Ia mengatakan PBB secara tradisional tidak mengakui konsep persona non grata yang berlaku bagi staf PBB.

Ketika diminta untuk menanggapi pernyataan Katz pada hari Minggu, seorang juru bicara PBB merujuk pada komentar Dujarric sebelumnya.

Dujarric juga mengatakan minggu lalu bahwa PBB belum menerima komunikasi formal apa pun dari Israel mengenai masalah tersebut.

Pada tanggal 3 Oktober, Dewan Keamanan PBB menyatakan dukungan penuhnya terhadap Guterres, dengan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa "setiap keputusan untuk tidak melibatkan Sekretaris Jenderal PBB atau Perserikatan Bangsa-Bangsa adalah kontraproduktif, terutama dalam konteks meningkatnya ketegangan di Timur Tengah."

Ketika ditanya minggu lalu apakah Guterres telah dijadikan persona non grata oleh Israel, Duta Besar Israel untuk PBB Danny Danon mengatakan kepada wartawan: "Ada pernyataan yang dibuat ... kami akan mengevaluasi hubungan tersebut. Kami berada di sini di PBB, kami bekerja dengan badan-badan PBB, tetapi kami kecewa."

Iran menembakkan lebih dari 180 rudal balistik ke Israel pada tanggal 1 Oktober di tengah meningkatnya pertempuran antara Israel dan proksinya di Lebanon, Hizbullah. Banyak yang dicegat saat terbang tetapi beberapa menembus pertahanan rudal.

Guterres mengutuk serangan rudal tersebut dan "meluasnya konflik Timur Tengah, dengan eskalasi demi eskalasi." Sebelumnya pada hari yang sama, Israel telah mengirim pasukan ke Lebanon selatan.

Dalam pertemuan Dewan Keamanan sehari setelahnya, Guterres mengatakan: "Seperti yang saya lakukan terkait serangan Iran pada bulan April - dan sebagaimana seharusnya terlihat jelas kemarin dalam konteks kecaman yang saya sampaikan - saya sekali lagi mengutuk keras serangan rudal besar-besaran kemarin oleh Iran terhadap Israel."

KEYWORD :

Israel Iran Eskalasi Timur Tengah Serangan Pekerja PBB




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :