Selasa, 15/10/2024 05:14 WIB

Kapal Induk China Ditemukan Berlayar di Selatan Taiwan, Militernya Sebut Siap Bertempur

Kapal Induk China Ditemukan Berlayar di Selatan Taiwan, Militernya Sebut Siap Bertempur

Miniatur Angkatan Laut terlihat di depan bendera China dan Taiwan dalam ilustrasi ini yang diambil pada 11 April 2023. REUTERS

TAIPEI - Taiwan melaporkan kelompok kapal induk China berlayar ke selatan pulau itu pada Minggu, saat militer China mengeluarkan video yang mengatakan "siap untuk pertempuran" di tengah kekhawatiran di Taipei tentang kemungkinan babak baru permainan perang Tiongkok.

Tiongkok, yang memandang Taiwan yang diperintah secara demokratis sebagai wilayahnya sendiri, membenci presidennya Lai Ching-te sebagai "separatis", dan militer Tiongkok secara rutin beroperasi di sekitar pulau itu.

Minggu lalu pada pidato utama hari nasionalnya, Lai mengatakan Republik Rakyat Tiongkok tidak memiliki hak untuk mewakili Taiwan, tetapi pulau itu bersedia bekerja sama dengan Beijing untuk memerangi tantangan seperti perubahan iklim, dengan nada tegas dan mendamaikan, tetapi memancing kemarahan dari Tiongkok.

Kementerian pertahanan Taiwan mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kelompok angkatan laut Tiongkok yang dipimpin oleh kapal induk Liaoning telah memasuki perairan dekat Selat Bashi, yang menghubungkan Laut Cina Selatan dan Pasifik serta memisahkan Taiwan dari Filipina. Dikatakan bahwa kelompok kapal induk itu diperkirakan akan memasuki Pasifik Barat.

Angkatan bersenjata Taiwan terus mencermati perkembangan dan "menerapkan kewaspadaan dan respons yang tepat", kementerian menambahkan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Sumber keamanan di Taiwan mengatakan sebelum pidato Lai bahwa pidatonya dapat memicu latihan perang baru oleh Tiongkok, yang terakhir diadakan oleh negara tersebut pada bulan Mei dalam apa yang disebut Beijing sebagai "hukuman" atas pidato pelantikan Lai bulan itu.

Sebelumnya pada hari Minggu, Komando Teater Timur Tentara Pembebasan Rakyat, yang bertanggung jawab atas wilayah yang mencakup Taiwan, mengeluarkan video propaganda di akun media sosialnya yang berjudul "sepenuhnya siap dan menunggu waktu sebelum pertempuran".

Video itu menunjukkan jet tempur dan kapal perang yang beroperasi bersama, peluncur rudal bergerak yang dipindahkan ke tempatnya dan kendaraan serbu amfibi, dengan peta kecil Taiwan yang disertakan dalam salah satu karakter Tiongkok yang menjadi judul video tersebut.

Tiongkok tidak mengesampingkan kemungkinan menggunakan kekuatan untuk membawa Taiwan di bawah kendalinya.

Kementerian pertahanan Tiongkok tidak menjawab panggilan di luar jam kantor pada hari Minggu. Kantor Urusan Taiwan Tiongkok tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Seorang pejabat keamanan Taiwan, yang berbicara dengan syarat anonim mengingat sensitivitas masalah tersebut, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka terus memantau situasi di sekitar pulau tersebut, serta komentar media Tiongkok tentang pidato hari nasional Lai.

Media Tiongkok telah memuat beberapa komentar dan cerita sejak pidato Lai pada hari Kamis yang mengecam isi pidato tersebut sebagai "konfrontatif" dan berbahaya.

Beberapa komentar di media sosial Tiongkok tentang video "persiapan pertempuran" militer menyerukan "Taiwan untuk kembali ke tanah air" dan "penyatuan kembali nasional".

Sumber keamanan kedua di Taiwan, yang mengetahui penilaian intelijen, mengatakan meskipun masih ada kemungkinan Tiongkok, yang khawatir akan menciptakan krisis di Taiwan begitu cepat menjelang pemilihan AS bulan depan, mungkin akan terus bereaksi dengan kata-kata marah, masih ada kemungkinan lebih banyak permainan perang.

Tiongkok sedang berada di tengah musim latihan tahunannya, dan militernya dapat "memberi nama" pada latihan tersebut dan mengubahnya menjadi permainan perang yang secara khusus menargetkan Taiwan, pejabat tersebut, yang juga berbicara secara anonim, mengatakan kepada Reuters.

Kementerian Perdagangan China pada hari Sabtu mengancam Taiwan dengan sanksi perdagangan yang lebih berat, yang oleh pemerintah dianggap sebagai pemaksaan ekonomi oleh China.

Lai dan pemerintahannya menolak klaim kedaulatan Beijing, dengan mengatakan bahwa hanya rakyat Taiwan yang dapat memutuskan masa depan mereka. Lai telah berulang kali menawarkan pembicaraan dengan Beijing tetapi ditolak.

KEYWORD :

China Taiwan Sengketa Militer Kapal Induk




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :