Selasa, 15/10/2024 07:19 WIB

Tingkatkan Serangan di Gaza Utara, Israel Serbu Pusat Distribusi Makanan

Tingkatkan Serangan di Gaza Utara, Israel Serbu Pusat Distribusi Makanan

Warga Palestina memeriksa kerusakan di sekolah yang berafiliasi dengan UNRWA, di Jalur Gaza utara, 31 Mei 2024. REUTERS

KAIRO - Sedikitnya 10 orang tewas dan 40 orang terluka di Gaza utara pada hari Senin setelah peluru tank Israel menghantam orang-orang antri untuk mendapatkan makanan, kata petugas medis Palestina. Kekhawatiran meningkat di daerah kantong itu bahwa Israel berencana untuk mengungsikan semua penduduk dari utara.

Petugas medis mengatakan pesawat nirawak Israel juga melepaskan tembakan di tempat puluhan penduduk berkumpul untuk menerima makanan di Jabalia, salah satu dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Gaza. Perempuan dan anak-anak termasuk di antara korban, kata mereka.

Militer Israel mengatakan sedang menyelidiki insiden tersebut.

Jabalia telah menjadi fokus serangan Israel selama sekitar 10 hari dan militer kini telah mengepung kamp tersebut dan mengirim tank ke kota Beit Lahiya dan Beit Hanoun di dekatnya, dengan tujuan yang dinyatakan untuk membasmi pejuang Hamas yang mencoba berkumpul kembali di sana.

Dengan militer Israel menyerukan warga Palestina untuk mengungsi ke selatan saat mereka meningkatkan tekanan pada Hamas - dan Hamas memberi tahu mereka untuk tidak pergi karena terlalu berisiko - beberapa hari terakhir menyerupai fase-fase awal perang.

Bagian utara Gaza, yang dihuni lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk wilayah itu, dibombardir secara besar-besaran pada tahap pertama serangan Israel di wilayah itu yang dimulai setahun lalu.

Ratusan ribu penduduk Gaza utara meninggalkan rumah mereka pada bulan-bulan awal perang, didorong oleh perintah evakuasi Israel dan serangan darat militer di wilayah mereka, sementara sekitar 400.000 orang masih bertahan, menurut perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Namun beberapa bulan setelah pertempuran darat yang intens di sana, Israel mengirim pasukan kembali ke Jabalia untuk membasmi pejuang Hamas yang katanya sedang berkumpul kembali untuk melakukan lebih banyak serangan.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengatakan pejuang mereka telah melancarkan serangan terhadap pasukan Israel dengan roket anti-tank dan bom mortir.
Bagi penduduk, tidak ada penangguhan hukuman.

"Kami telah diserang dari udara dan darat, tanpa henti selama seminggu, mereka ingin kami pergi, mereka ingin menghukum kami karena menolak meninggalkan rumah kami," kata Marwa, 26 tahun, yang pergi bersama keluarganya ke sebuah sekolah di Kota Gaza.

Orang-orang takut mereka tidak akan pernah bisa kembali jika mereka menuju ke selatan, katanya.

Kemudian pada hari Senin, Hamas mengatakan Israel bermaksud untuk menggusur penduduk Gaza utara dengan paksa melalui pemboman terus-menerus, dan pemblokiran bantuan, makanan, dan bahan bakar.

"Masyarakat internasional harus bertindak melawan kejahatan perang ini karena pendudukan menutup wilayah tersebut dan mencegah masuknya barang-barang bantuan dan obat-obatan," kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri kepada Reuters.

"Dengan melakukan hal itu, mereka menyebabkan kematian yang lambat, selain pembunuhan langsung yang telah dilakukan setiap hari," kata Abu Zuhri.

KEKHAWATIRAN ISRAEL BERENCANA MENGOSONGKAN JABALIA
Beberapa penduduk juga khawatir bahwa Israel berencana mengosongkan Jabalia dan mungkin seluruh wilayah utara berdasarkan usulan yang diajukan oleh mantan jenderal Israel, yang menyerukan agar Gaza utara dibersihkan dari warga sipil dan militan yang tersisa dikepung hingga mereka menyerah.

Israel dengan tegas membantah rencana tersebut.
"Kami belum menerima rencana seperti itu," kata juru bicara militer Nadav Shoshani kepada wartawan. "Kami memastikan bahwa kami menyelamatkan warga sipil dari bahaya sementara kami beroperasi melawan sel-sel teror di Jabalia," katanya.

Penulis utama usulan tersebut, Giora Eiland, mengatakan bahwa rencananya dimaksudkan untuk menekan Hamas agar membebaskan sandera dengan mengakhiri kendalinya atas wilayah dan bantuan, daripada mengirim pasukan Israel untuk memerangi para pejuangnya.

"Apa yang mereka lakukan di Jabalia sekarang lebih seperti itu saja," kata Eiland kepada Radio Angkatan Darat pada hari Minggu. "Rencana saya tidak dilaksanakan." Rencana Israel untuk masa depan Gaza tidak jelas, selain dari tujuan yang dinyatakannya untuk membubarkan Hamas sebagai kekuatan militer dan pemerintahan.

Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menggambarkan kondisi yang mengerikan yang mempengaruhi penduduk sipil yang tersisa di Jabalia.

"Lebih dari 50.000 orang telah mengungsi dari wilayah Jabalia, yang terputus, sementara yang lainnya tetap terdampar di rumah mereka di tengah meningkatnya pemboman dan pertempuran," kata Koordinator Kemanusiaan PBB Muhannad Hadi pada hari Minggu.

"Operasi militer terbaru di Gaza utara telah memaksa penutupan sumur air, toko roti, titik medis dan tempat penampungan, serta penangguhan layanan perlindungan, perawatan kekurangan gizi, dan tempo ruang belajar yang langka. Pada saat yang sama, rumah sakit telah melihat masuknya cedera trauma."

Militer Israel tidak segera berkomentar.
Israel melancarkan serangan terhadap Hamas setelah serangannya pada 7 Oktober di Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 250 orang disandera di Gaza, menurut hitungan Israel. Lebih dari 42.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan sejauh ini, menurut otoritas kesehatan Gaza.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Serangan Distribusi Makanan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :