Selasa, 22/10/2024 18:33 WIB

Badut yang Dibenci Anak-anak

Sejumlah alasan yang bisa menyebabkan anak-anak tidak menyukai atau bahkan membenci badut

Ilustrasi badut yang menyeramkan./Monica

Jurnas.com - Berita anak-anak diculik badut pernah menghebohkan dunia anak-anak tahun lalu. Publik juga dikagetkan peristiwa penculikan anak-anak kecil dengan kostum badut. Peristiwa ini tentu saja memberikan bekas mendalam, terutama pada anak-anak yang melihat badut-badut lucu yang melakukan kejahatan.

Padahal, umumnya badut disukai anak-anak. Dua alasan kuat adalah karena anak-anak menyukai penampilan mereka secara visual, dan secara psikologis memang anak-anak tertarik.

Misalnya badut dengan penampilan cerah dan warna-warni, atau memiliki trik sulap sederhana yang banyak digemari anak-anak. Kadang juga bahasa humor dan gerakan tubuh yang lucu memberikan efek ceria pada anak-anak.

Meski begitu, ada juga anak-anak yang memiliki kebencian pada badut. Jika dirunut lebih jauh, ini berkaitan dengan faktor piskologis si anak sendiri.

Badut yang paling dibenci anak-anak umumnya adalah badut yang menimbulkan rasa takut, ketidaknyamanan, atau perasaan tidak aman. Sejumlah alasan yang bisa menyebabkan anak-anak tidak menyukai atau bahkan membenci badut, antara lain;

Make-up badut yang terlalu berlebihan, terutama dengan senyum lebar, mata besar, atau ekspresi yang ekstrem, dapat membuat anak-anak merasa ketakutan. Beberapa badut mungkin terlalu interaktif, mendekati anak-anak tanpa memberi ruang, atau memaksa mereka untuk ikut serta dalam permainan. Anak-anak yang pemalu atau tidak nyaman dengan interaksi fisik cenderung merasa takut atau marah terhadap badut yang bertindak terlalu agresif.

Ada sebagian anak-anak yang secara alami mengembangkan coulrophobia, yaitu rasa takut terhadap badut. Ini bisa disebabkan oleh pengalaman negatif sebelumnya atau karena penampilan badut yang tidak alami. Beberapa film atau acara televisi sering kali menggambarkan badut sebagai karakter jahat atau menakutkan. Contoh paling terkenal adalah karakter Pennywise dalam film IT karya Stephen King.

Di beberapa tempat, ada urban legend atau cerita seram tentang badut yang dianggap jahat atau berbahaya. Misalnya, cerita mengenai badut yang menculik atau menyakiti anak-anak. Lantas, pada beberapa anak mungkin pernah mengalami pengalaman buruk dengan badut, seperti saat badut membuat mereka merasa malu di depan orang banyak atau melakukan lelucon yang tidak mereka sukai. Pengalaman semacam ini bisa menimbulkan kebencian atau ketakutan terhadap badut.

Nah, badut yang tidak disukai anak-anak biasanya adalah mereka yang menimbulkan ketidaknyamanan, baik melalui penampilan, interaksi, atau pengalaman sebelumnya. Sejumlah alasan di atas itulah yang memengaruhi anak-anak memandang badut.[]

KEYWORD :

badut penculik anak-anak seram




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :