Selasa, 15/10/2024 15:25 WIB

FIFpro dan Liga-Liga Top Eropa Adukan Padatnya Kalender FIFA

Serikat pesepak bola profesional, FIFpro, serta liga-liga top Eropa mengajukan keluhan resmi terhadap padatnya kalender pertandingan internasional FIFA.

Markas FIFA di Swiss (Foto: Sky Sports)

Brussels, Jurnas.com - Serikat pesepak bola profesional, FIFpro, serta liga-liga top Eropa mengajukan keluhan resmi terhadap padatnya kalender pertandingan internasional FIFA.

Dalam beberapa tahun terakhir, para pemain dan pakar telah membahas jadwal sepak bola yang terlalu padat dan topik ini telah menjadi pembicaraan utama di kalangan pemain.

Sejumlah pemain, termasuk Dani Carvajal, Thibaut Courtois, Toni Kroos, dan Rodri telah berbicara tentang hal yang sama selama beberapa bulan terakhir.

Walhasil, Dewan FIFPro dan Liga Eropa, organisasi yang mewakili klub di lebih dari 30 negara di seluruh Eropa, sepakat untuk menempuh tindakan hukum pada Juli lalu ke Komisi Eropa.

FIFpro kini telah resmi mengajukan pengaduan terhadap FIFA, yang sedang mematangkan menargetkan perluasan Piala Dunia Antarklub FIFA dan Piala Dunia FIFA, yang masing-masing akan bertambah menjadi 32 tim pada 2025 dan 46 tim pada 2026.

Pengaduan tersebut menyatakan bahwa kalender sepak bola yang diperpanjang melanggar hukum persaingan Uni Eropa, menimbulkan risiko terhadap keselamatan dan kesejahteraan pemain, dan menggambarkan tindakan FIFA kasar dan tidak dapat dibenarkan.

"FIFA menolak untuk mendengarkan dan melibatkan para pemain, sumber daya tenaga kerja utama industri kami, yang ada di lapangan, menciptakan pusat kekuatan budaya hiburan Eropa dan global, dan mendorong tubuh mereka hingga batasnya," kata Presiden FIFpro Eropa, David Terrier dikutip dari Goal pada Selasa (15/10).

"Namun, kami telah mendengarkan para pemain kami, telah menerima pesan yang sama dalam jangka waktu yang lama, bahwa mereka bermain terlalu banyak dan tidak memiliki cukup waktu untuk pulih," dia menambahkan.

FIFA belum menanggapi pengaduan resmi yang diajukan ke Komisi Eropa. Akan tetapi, organisasi tersebut secara konsisten mengecilkan dampak format baru kompetisi, dan menyebut hanya bertanggung jawab atas sebagian kecil dari total pertandingan yang dimainkan setiap musim.

KEYWORD :

FIFpro Kalender Pertandingan FIFA




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :