Kamis, 17/10/2024 06:23 WIB

Harris Tekankan Trump Berbahaya bagi Demokrasi Terkait Ancaman Pengerahan Militer

Harris Tekankan Trump Berbahaya bagi Demokrasi Terkait Ancaman Pengerahan Militer

Kandidat presiden Demokrat AS Kamala Harris berpidato di acara kampanye di kampus Universitas Nevada, Las Vegas, AS, 10 Agustus 2024. REUTERS

ERIE - Calon presiden dari Partai Demokrat Kamala Harris pada hari Senin mengecam Donald Trump atas komentarnya yang tidak menyenangkan tentang "musuh dari dalam" Amerika Serikat dan ancaman untuk mengerahkan militer di dalam negeri, dalam upaya baru untuk menggambarkan lawannya dari Partai Republik sebagai ancaman bagi demokrasi.

Dalam langkah yang jarang terjadi pada rapat umum kampanyenya sendiri di negara bagian Pennsylvania yang menjadi penentu politik, wakil presiden AS tersebut menunjukkan klip Trump, mantan presiden, yang mengatakan kepada para pendukungnya "orang-orang itu lebih berbahaya - musuh dari dalam - daripada Rusia."

Harris, 59, baru-baru ini mendesak Trump untuk merilis catatan kesehatannya, seperti yang telah dilakukannya, dan mencela Trump karena menyinggung hal-hal yang tidak penting dan berfokus pada karakter fiksi seperti Hannibal Lecter.

"Masa jabatan Trump yang kedua akan menjadi risiko besar bagi Amerika, dan berbahaya. Donald Trump semakin tidak stabil dan tidak waras," kata Harris kepada kerumunan di Erie setelah memutar klip tersebut.

Ia melanjutkan dengan mengatakan bahwa Trump menimbulkan bahaya karena ia percaya bahwa mereka yang tidak setuju dengannya adalah musuh.

Dalam pidato-pidato rapat umum baru-baru ini, Trump mengisyaratkan akan menghadapi "musuh dari dalam," yang lebih berbahaya daripada musuh asing. Tim kampanyenya tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Dalam sebuah wawancara pada hari Minggu di program Fox News "Sunday Morning Futures," pembawa acara Maria Bartiromo bertanya kepada Trump apakah ia memperkirakan akan terjadi "kekacauan" pada Hari Pemilihan, dan ia tampaknya menyarankan militer dapat dikerahkan untuk melawan warga negara.

"Saya pikir masalah yang lebih besar adalah musuh dari dalam," kata Trump. "Kita punya beberapa orang yang sangat jahat. Kita punya beberapa orang yang sakit, orang-orang gila radikal kiri." Ia menambahkan: "Hal itu seharusnya dapat ditangani dengan mudah, jika perlu, oleh Garda Nasional, atau jika benar-benar perlu, oleh militer, karena mereka tidak dapat membiarkan hal itu terjadi."

Trump tidak akan dapat memberikan perintah kepada Garda Nasional atau unit militer yang bertugas aktif pada Hari Pemilihan pada tanggal 5 November karena ia bukan presiden.

Perjalanan Harris ke Pennsylvania pada hari Senin adalah yang ke-10 ke negara bagian medan pertempuran tersebut sejak menjadi kandidat Demokrat pada bulan Juli. 19 suara elektoral negara bagian tersebut akan menjadi sangat penting bagi hasil pemilihan.

Ia memulai perjalanannya ke Erie dengan mampir di kedai kopi milik orang kulit hitam untuk berdiskusi dengan pria kulit hitam. Tim kampanyenya khawatir tentang berkurangnya dukungan dari pemilih kulit hitam. Harris meluncurkan proposal kebijakan baru yang ditujukan kepada pria kulit hitam pada hari Senin yang mencakup pinjaman usaha kecil yang dapat dimaafkan dan akses ke industri ganja rekreasional yang legal.

Tim kampanye Harris dan Demokrat - termasuk mantan Presiden Barack Obama - telah menyatakan kekhawatiran yang mendalam tentang apakah pria kulit hitam akan ikut serta dalam jumlah yang terlihat pada pemilihan sebelumnya dan apakah mereka akan mendukung Harris atau Trump.

Lebih dari seperempat pria muda kulit hitam mengatakan mereka akan mendukung Trump dalam pemilihan umum, menurut jajak pendapat bulan September oleh NAACP, organisasi hak-hak sipil terbesar di negara itu. Presiden Joe Biden memperoleh sekitar 80% suara pria kulit hitam pada tahun 2020.

Rangkaian proposal kebijakan baru tersebut merupakan bagian dari upaya Harris untuk secara langsung menargetkan pria kulit hitam dan menjadikan mereka bagian yang lebih penting dari kampanyenya selama tahap akhir. Reuters adalah yang pertama melaporkan rencana tersebut.

Kebijakan baru tersebut mencakup 1 juta pinjaman yang sepenuhnya dapat dimaafkan hingga $20.000 kepada para pengusaha di komunitas yang kurang terlayani, dan janji untuk melegalkan ganja rekreasional dan membantu memastikan para pengusaha kulit hitam memiliki akses ke industri baru tersebut.

Proposal Harris lainnya termasuk meningkatkan akses ke industri mata uang kripto bagi warga Amerika berkulit hitam dan meluncurkan inisiatif kesetaraan kesehatan nasional yang berfokus pada pria berkulit hitam yang menangani penyakit seperti anemia sel sabit, yang secara tidak proporsional memengaruhi masyarakat.

Jika terpilih, Harris akan menjadi presiden berkulit hitam kedua dan wanita berkulit hitam pertama, serta orang pertama keturunan Asia Selatan yang menjabat.

Peluncuran kebijakan tersebut dilakukan sehari sebelum Harris diharapkan diwawancarai oleh Charlamagne tha God, seorang komedian dan penulis yang acara radionya yang disiarkan secara nasional populer di kalangan milenial berkulit hitam.

KEYWORD :

Pemilihan Amerika Donald Trump Lawan Harris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :