Kamis, 17/10/2024 08:41 WIB

Thomas Tuchel Resmi Ditunjuk jadi Pelatih Timnas Inggris

Mantan pelatih Chelsea dan Bayern Munich itu meneken kontrak 18 bulan yang akan berlaku sampai akhir Piala Dunia 2026

Pelatih Bayern Munich, Thomas Tuchel (Foto: Goal)

London, Jurnas.com - Federasi Sepakbola Inggris (FA) mengonfirmasi Thomas Tuchel telah ditunjuk sebagai manajer baru timnas Inggris, Rabu (16/10).

Mantan pelatih Chelsea dan Bayern Munich itu meneken kontrak 18 bulan yang akan berlaku sampai akhir Piala Dunia 2026, yang notabene dihelat di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tuchel akan meneruskan kepemimpinan Gareth Southgate dan akan bekerja bersama The Three Lions mulai 1 Januari 2025, bersama sang asisten Anthony Barry.

Inggris bakal berharap Tuchel bisa membawa mereka berjaya, terutama setelah Southgate memimpin The Three Lions ke semi-final Piala Dunia 2018 serta final Euro 2020 dan 2024.

Kandidat utama pilihan FA kabarnya adalah bos Manchester City Pep Guardiola, namun mereka akhirnya menunjukan Tuchel karena ia berstatus tanpa klub semenjak meninggalkan Bayern Munich pada Mei 2024.

Tuchel memiliki rekam jejak yang mentereng di kompetisi format turnamen, menjuarai berbagai trofi bersama Borussia Dortmund, PSG, Chelsea, dan Bayern Munich. Inggris akan menjadi jabatan internasional pertamanya.

Thomas Tuchel sendiri merasa bangga dan terhormat ditunjuk jadi Pelatih Timnas Inggris.

"Saya sangat bangga diberi kehormatan memimpin timnas Inggris. Sudah sejak lama saya merasakan hubungan personal dengan sepakbola di negara ini, dan negara ini juga telah memberi saya berbagai momen luar biasa. Berkesempatan mewakili Inggris adalah sebuah keistimewaan, dan kesempatan untuk bekerja dengan jajaran pemain spesial nan berbakat sangatlah mendebarkan."

"Dengan Anthony sebagai asisten, kami akan melakukan segalanya untuk membuat Inggris sukses dan membuat para suporter bangga. Saya hendak berterima kasih kepada FA, terkhusus kepada Mark dan John, atas kepercayaan mereka. Saya tak sabar memulai perjalanan kita bersama-sama."

Tuchel adalah pelatih asing ketiga sepanjang sejarah tim nasional Inggris, dan pelatih pertama dari Jerman. Ia mengikuti jejak mendiang pelatih Swedia Sven-Goran Eriksson dan pelatih Italia Fabio Capello.

Pihak FA juga mengungkap bahwa Tuchel sudah meneken kontraknya sejak 8 Oktober, tetapi pengumuman resmi ditunda supaya Lee Carsley tak terdistraksi menjalankan tugasnya di jeda internasional Oktober sebagai pelatih sementara.

Carsley, selaku pelatih sementara, masih akan menukangi Inggris sampai Tuchel mulai menjabat pada awal 2025. Inggris akan bertemu Yunani dan Republik Irlandia di UEFA Nations League November, sementara laga pertama Tuchel akan terjadi pada jeda internasional Maret 2025.(Goal)

KEYWORD :

Thomas Tuchel Timnas Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :