Jum'at, 18/10/2024 00:35 WIB

TikTok dan Sejiwa Foundation Edukasi Remaja soal Keamanan Digital

TikTok bersama organisasi nirlaba Sejiwa Foundation perkenalkan program edukasi bertajuk “Seru Berkreasi dan #SalingJaga”. Inisiatif ini bertujuan mendukung kreativitas remaja dan memastikan keamanan mereka di dunia digital.

TikTok bersama organisasi nirlaba Sejiwa Foundation perkenalkan program edukasi bertajuk Seru Berkreasi dan #SalingJaga. Inisiatif ini bertujuan mendukung kreativitas remaja dan memastikan keamanan mereka di dunia digital (Foto: Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - TikTok bersama organisasi nirlaba Sejiwa Foundation perkenalkan program edukasi bertajuk “Seru Berkreasi dan #SalingJaga”. Inisiatif ini bertujuan mendukung kreativitas remaja dan memastikan keamanan mereka di dunia digital.

Roadshow edukasi ini akan menjangkau enam sekolah menengah atas di Jabodetabek selama bulan Oktober dan November 2024, dengan fokus pada siswa, orang tua, dan wali.

Communications Director TikTok Indonesia, Anggini Setiawan, menuturkan bahwa program ini dilatarbelakangi oleh kondisi saat ini, di mana kelompok remaja merupakan pengguna internet terbesar kedua di Indonesia dan mayoritas menggunakannya untuk media sosial. Dengan semakin aktif di dunia digital, remaja juga rentan terhadap kejahatan dan risiko keamanan digital lainnya.

Riset dari Sejiwa Foundation dan Western Sydney University terhadap remaja usia 13-18 tahun di Asia Tenggara, termasuk di Indonesia, menunjukkan bahwa para remaja ingin mendapatkan bimbingan agar mereka bisa merasa aman di ruang digital.

“Menciptakan lingkungan digital yang aman untuk remaja memerlukan kerjasama antara orang tua, sekolah, dan platform. Kami berkomitmen menyediakan wadah yang aman dan nyaman bagi pengguna untuk berkreasi, termasuk untuk remaja,” ujar Anggini dalam siaran pers diterima di Jakarta pada Kamis (17/10).

Founder Sejiwa Foundation, Diena Haryana mengungkapkan hal senada. Menurutnya, usia remaja memerlukan pendampingan dalam menghadapi tantangan di platform digital, dan mengedukasi para orang tua dan wali tentang peran penting mereka dalam mendampingi perjalanan digital anak remaja menjadi langkah yang semakin signifikan.

"Oleh karena itulah, upaya proaktif seperti program roadshow sekolah yang pertama kali TikTok dan Sejiwa Foundation lakukan ini diharapkan bisa menjadi pionir untuk terus mendorong keterlibatan orang tua untuk membantu para remaja berkreasi dengan bijak dan merasa aman," ujarnya.

Program ini akan mengunjungi beberapa sekolah, termasuk SMAN 53 Jakarta dan SMA Regina Pacis Jakarta. Di setiap lokasi, TikTok dan Sejiwa Foundation akan mengadakan sesi terpisah untuk remaja dan orang tua. Remaja akan berinteraksi dengan kreator seperti Lianna Nathania dan Ghina Eroz, yang akan berbagi pengalaman dan tips tentang keamanan digital.

Bagi orang tua, sesi ini akan menyediakan panduan tentang pentingnya mendampingi anak-anak mereka dalam pengalaman digital. Kreator parenting Halimah dan musisi Reda Gaudiamo akan berbagi wawasan dan tips untuk menciptakan komunikasi yang sehat dengan remaja.

Sementara kreator di TikTok yang kerap membagikan tips parenting, Halimah menekankan bahwa masa remaja adalah fase eksplorasi, dan orang tua perlu memberikan ruang bagi anak untuk berbicara tentang pengalaman mereka.

"Usia remaja adalah masa yang penuh eksplorasi. Mereka sudah bisa berpikir kritis, tapi belum tentu paham konsekuensinya, dan tidak mau dikekang. Untuk itu, orang tua perlu menerapkan kebebasan dalam batasan, sehingga anak remaja kita mau terbuka dan berkomunikasi
dengan sehat," ujarnya.

Sebagai informasi, program “Seru Berkreasi dan #SalingJaga” adalah bagian dari kampanye #SalingJaga yang diluncurkan sejak September 2023. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya saling menjaga di dunia digital, baik dari konten negatif maupun misinformasi.

Melalui program ini, TikTok dan Sejiwa Foundation berharap dapat menciptakan ekosistem digital yang lebih aman dan mendukung bagi generasi muda Indonesia.

KEYWORD :

TikTok Sejiwa Foundation Edukasi Remaja Keamanan Digital




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :