Sabtu, 19/10/2024 03:21 WIB

Iran Sebut Semangat Perlawanan terhadap Israel akan Diperkuat oleh Kematian Sinwar

Iran Sebut Semangat Perlawanan terhadap Israel akan Diperkuat oleh Kematian Sinwar

Pemimpin Hamas Yahya Sinwar dan pendukung dalam unjuk rasa anti-Israel atas ketegangan di masjid Al-Aqsa Yerusalem, di Kota Gaza 1 Oktober 2022. REUTERS

KAIRO - Kelompok militan Hizbullah Lebanon mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka bergerak ke fase baru dan meningkat dalam perangnya melawan Israel. Sementara Iran mengatakan "semangat perlawanan akan diperkuat" setelah terbunuhnya pemimpin Hamas Yahya Sinwar.

Sinwar, dalang serangan 7 Oktober 2023 yang memicu perang Gaza, tewas dalam operasi oleh tentara Israel di daerah kantong Palestina pada hari Rabu, sebuah peristiwa penting dalam konflik selama setahun.

Para pemimpin Barat mengatakan kematiannya menawarkan kesempatan bagi konflik untuk berakhir, tetapi Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan perang akan terus berlanjut hingga para sandera yang ditawan oleh militan Hamas dikembalikan.

"Hari ini kita telah menyelesaikan masalah. Hari ini kejahatan telah ditimpa masalah tetapi tugas kita masih belum selesai," kata Netanyahu dalam pernyataan rekaman video setelah kematian dikonfirmasi pada hari Kamis.

"Kepada keluarga sandera yang terkasih, saya katakan: Ini adalah momen penting dalam perang. Kami akan terus berjuang dengan kekuatan penuh hingga semua orang yang Anda cintai, orang-orang yang kami cintai, pulang."

Sinwar, yang ditunjuk sebagai pemimpin keseluruhan Hamas setelah pembunuhan kepala politik Ismail Haniyeh di Teheran pada bulan Juli, diyakini telah bersembunyi di terowongan yang dibangun Hamas di bawah Gaza selama dua dekade terakhir.

Dia tewas dalam baku tembak di Gaza selatan pada hari Rabu oleh pasukan Israel yang awalnya tidak menyadari bahwa mereka telah menangkap musuh nomor satu negara mereka, kata pejabat Israel.

Militer merilis video pesawat nirawak yang memperlihatkan Sinwar duduk di kursi berlengan dan tertutup debu di dalam bangunan yang hancur. Hamas sendiri belum memberikan komentar, tetapi sumber-sumber dalam kelompok itu mengatakan indikasi yang mereka lihat menunjukkan Sinwar memang dibunuh oleh pasukan Israel.

`HALANG UTAMA`
Meskipun Barat berharap ada gencatan senjata, kematian Sinwar dapat meningkatkan permusuhan di Timur Tengah, di mana prospek konflik yang lebih luas telah meningkat.

Israel telah meluncurkan operasi darat di Lebanon selama bulan lalu dan sekarang merencanakan tanggapan terhadap serangan rudal pada tanggal 1 Oktober yang dilakukan oleh Iran, sekutu Hamas dan Hizbullah Lebanon.

Namun, kematian orang yang merencanakan serangan tahun lalu di mana para pejuang menewaskan 1.200 orang di Israel dan menangkap lebih dari 250 sandera, menurut penghitungan Israel, juga dapat membantu mendorong upaya yang terhenti untuk mengakhiri perang di mana Israel telah menewaskan lebih dari 42.000 warga Palestina, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Presiden AS Joe Biden, yang berbicara kepada Netanyahu melalui telepon untuk memberi selamat kepadanya, mengatakan kematian Sinwar memberikan kesempatan bagi konflik di Gaza untuk akhirnya berakhir dan bagi para sandera Israel untuk dibawa pulang.

AS ingin memulai pembicaraan mengenai proposal untuk mencapai gencatan senjata dan mengamankan pembebasan para sandera, kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS Matthew Miller, yang menyebut Sinwar sebagai "rintangan utama" untuk mengakhiri perang.

"Rintangan itu jelas telah disingkirkan. Tidak dapat diprediksi bahwa itu berarti siapa pun yang menggantikan (Sinwar) akan menyetujui gencatan senjata, tetapi itu menyingkirkan apa yang selama beberapa bulan terakhir menjadi rintangan utama untuk mendapatkannya," katanya. Dalam beberapa minggu terakhir, Sinwar menolak untuk bernegosiasi sama sekali, kata Miller.

Iran tidak menunjukkan tanda-tanda pembunuhan itu akan mengalihkan dukungannya. "Semangat perlawanan akan diperkuat" setelah kematian Sinwar, kata misinya di Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Hizbullah juga menentang, mengumumkan "transisi ke fase baru dan meningkat dalam konfrontasi dengan Israel". Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengadakan panggilan telepon terpisah pada hari Kamis dengan para pemimpin di Arab Saudi dan Qatar yang bertujuan untuk mengakhiri konflik di Timur Tengah, kata Departemen Luar Negeri.

TIDAK ADA KENYAMANAN, TAK ADA KOMPROMI
Keluarga sandera Israel mengatakan bahwa meskipun pembunuhan Sinwar merupakan pencapaian yang signifikan, hal itu tidak akan lengkap selama para sandera masih berada di Gaza.

Avi Marciano, Ayah Noa Marciano, yang dibunuh saat ditawan oleh Hamas, mengatakan kepada penyiar Israel KAN bahwa "monster itu, orang yang merenggutnya dariku, yang tangannya berlumuran darah semua putri kami, akhirnya menemui gerbang neraka."

"Sedikit keadilan, tetapi tidak ada penghiburan," katanya. "Penghiburan hanya akan datang saat Naama, Liri, Agam, Daniela, dan Karina, teman-teman gadis kami, kembali ke rumah."

Di Khan Younis di selatan Jalur Gaza, seorang pengungsi Palestina bernama Thabet Amour mengatakan kepada Reuters bahwa perlawanan Palestina akan terus berlanjut.

"Ini adalah perlawanan yang tidak akan hilang saat laki-laki menghilang," katanya. "Pembunuhan Sinwar tidak akan mengakhiri perlawanan atau berkompromi atau menyerah dan mengibarkan bendera putih."

KEYWORD :

Israel Palestina Pemimpin Hamas Yahya Sinwar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :