Minggu, 20/10/2024 15:07 WIB

Pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Dimulai Pukul 10, Dibuka dengan Lagu Kebangsaan

Prosesi pelantikan berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga 11.23 WIB

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Foto: Instagram)

Jakarta, Jurnas.com - Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia di Gedung MPR RI, Senayan, Jakarta pada hari ini, Minggu 20 Oktober 2024.

Prosesi pelantikan berlangsung pada pukul 10.00 WIB hingga 11.23 WIB. Agenda sidang paripurna pelantikan presiden dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Ketua MPR RI, Ahmad Muzani akan memimpin sidang paripurna pelantikan presiden dan wakil presiden. Masing-masing melakukan penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan.

Dalam acara ini akan ada prosesi pertukaran tempat duduk antara Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma`ruf Amin dengan Prabowo dan Gibran. Usai prosesi ini, Ketua MPR melanjutkan sidang Paripurna.

Prabowo dijadwalkan menyampaikan pidato pertamanya sebagai Presiden RI pada pukul 10.47-11.05 WIB. Selanjutnya, Sidang Paripurna MPR ditutup dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya pukul 11.20-11.23 WIB.

Usai menjalani prosesi pelantikan, Prabowo dan Gibran dijadwalkan berangkat ke Istana Negara untuk mengikuti prosesi pisah sambut dengan Presiden Joko Widodo.

Saat ini, situasi di sekitar Gedung Nusantara, lokasi acara pelantikan, mulai dipenuhi tamu-tamu undangan sekitar pukul 07.00 WIB. Jajaran pimpinan MPR, DPR, dan DPD telah tiba di lokasi setidaknya tiga jam sebelum rangkaian acara pelantikan dimulai pada pukul 10.00 WIB.

Kemudian, ada juga Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Menteri ATR/BPN yang juga Ketua Umum DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, dan Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar yang telah tiba di lokasi acara pelantikan. AHY dan Nasaruddin Umar merupakan tokoh-tokoh yang masuk dalam bursa calon menteri kabinet Prabowo.

Selain itu, sebanyak 732 anggota MPR RI menyaksikan prosesi pengucapan sumpah jabatan tersebut. Sidang Paripurna MPR RI tersebut juga dihadiri para tokoh nasional, pimpinan partai politik, dan perwakilan negara sahabat. Setidaknya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang dijadwalkan menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara.

Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan, antara lain, Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya, yakni Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji.

 
KEYWORD :

Pelantikan Presiden Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Presiden RI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :