Minggu, 20/10/2024 16:21 WIB

Di bawah Al-Quran, Prabowo dan Gibran Ucapkan Sumpah Jabatan

Di bawah Al-Quran, Prabowo dan Gibran Ucapkan Sumpah Jabatan

Prabowo Subianto telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden masa khidmat 2024-2029.

Jakarta, Jurnas.com - Di bawah kitab suci Al-Qur`an, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden masa khidmat 2024-2029, di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu (20/10).

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada Nusa dan Bangsa,” kata Prabowo membacakan sumpahnya.

Selanjutnya Gibran pun mengucapkan sumpahnya sebagai Wakil Presiden RI.

Setelah itu, keduanya menandatangani Berita Acara Pelantikan.

Sebelumnya, Ketua MPR RI, Ahmad Muzani mengatakan, total anggota yang hadir pada sidang pelantikan presiden dan wakil berjumlah 709 dari 732 anggota MPR. Dengan jumlah tersebut, maka forum pelantikan telah memenuhi syarat quorum, dan secara resmi dibuka untuk umum.

Sebagai informasi tamu kenegaraan yang telah mengonfirmasi kehadiran dalam pelantikan presiden dan wakil presiden berjumlah 33 negara.

Setidaknya ada 20 pejabat setingkat kepala negara dan 18 pejabat setingkat menteri yang menghadiri acara pelantikan di Gedung Nusantara.

Negara-negara sahabat yang mengirimkan utusannya untuk menghadiri acara pelantikan, antara lain, Jerman, Qatar, Thailand, Malaysia, Australia, Papua Nugini, Rusia, Laos, Vietnam, Vanuatu, Brunei Darussalam, Timor Leste, Serbia, dan China.

Negara lainnya, yakni Kamboja, Selandia Baru, Solomon, Filipina, Korea Selatan, Singapura, Mesir, Turki, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Inggris, Amerika Serikat, India, Jordania, Jepang, Italia, Kanada, Prancis, Brasil, dan Fiji.

KEYWORD :

Pelantikan Prabowo Subianto Gibran Rakabumingraka




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :