Minggu, 20/10/2024 16:29 WIB

Sebanyak 22 Anggota MPR Absen di Pelantikan Prabowo-Gibran

Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan terdapat 709 anggota MPR dari total 731 anggota yang menghadiri sidang paripurna ini.

Sidang pelantikan Prabowo Subianto dan Gibrang Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden.

Jakarta, Jurnas.com - Sebanyak 22 anggota MPR RI tidak hadir dalam Sidang Paripurna dengan agenda Pembacaan Sumpah dan Janji Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Periode 2024-2029.

Ketua MPR Ahmad Muzani mengatakan terdapat 709 anggota MPR dari total 731 anggota yang menghadiri sidang paripurna ini.

"Sesuai catatan daftar hadir yang disampaikan Setjen sampai saat ini telah hadir 709 anggota MPR dari 731 anggota MPR," kata Muzani di Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu 20 Oktober 2024

"Dengan demikian berdasarkan ketentuan Pasal 99 huruf C Peraturan Tata Tertib MPR memenuhi syarat untuk dibuka dan kuorum telah tercapai," sambungnya.

Prabowo dan Gibran telah resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI periode 2024-2029. Mereka menggantikan Jokowi-Ma`ruf yang akan purnatugas.

Adapun acara pelantikan ini dihadiri oleh banyak pihak. Sebanyak 33 kepala negara dikonfirmasi menghadiri acara pelantikan tersebut.

Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga wakil presiden era Soeharto periode 1993-1998 Try Sutrisno juga turut hadir.

Namun, Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri tak hadir lantaran alasan kesehatan. Sebagai gantinya, Megawati memerintahkan seluruh anggota PDIP untuk hadir di acara pelantikan.

Selanjutnya, Prabowo dan Gibran akan melanjutkan prosesi pisah sambut di Istana Kepresidenan dan Istana Wapres di Jakarta Pusat.

 

 
KEYWORD :

Pelantikan Presiden Prabowo Subianto Gibran Rakabuming Presiden RI




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :