Senin, 21/10/2024 03:56 WIB

Profil Prof. Abdul Mu`ti, Menteri Pendidikan Kabinet Prabowo-Gibran

Presiden RI Prabowo Subianto resmi menunjuk Prof. Dr. Abdul Mu`ti sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dalam kabinetnya pada Minggu (20/10) malam.

Menteri Pendidikan, Abdul Mu`ti (Foto: Dok. Muhammadiyah)

Jakarta, Jurnas.com - Presiden RI Prabowo Subianto resmi menunjuk Prof. Dr. Abdul Mu`ti sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah dalam kabinetnya pada Minggu (20/10) malam.

Alumnus IAIN Walisongo (sekarang UIN Walisongo) dan Universitas Fliders ini akan dibantu oleh wakil menteri dalam menjalankan tugasnya selama lima tahun ke depan.

Prof. Mu`ti merupakan Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah sejak 2022 lalu. Akademisi kelahiran Kudus, 2 September 1968 ini sudah aktif di PP Muhammadiyah sejak 2000 lalu, ketika memegang jabatan sebagai PMW Jawa Tengah periode 2000-2002.

Setelah itu, Prof. Mu`ti menjabat Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah periode 2002-2006, sebelum ditunjuk sebagai Sekretaris Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah mulai 2005 hingga 2010.

Di bidang akademik, Abdul Mu`ti saat ini menjadi Guru Besar di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, dan mengajar di Program Studi Pendidikan Agama Islam. Dalam menjalankan perannya, dia aktif meneliti dan membagikan ilmu seputar pendidikan keislaman.

Selain itu, Prof. Mu`ti juga sering mengangkat isu pluralisme dan perdamaian. Sejumlah risetnya di Google Scholar menyoroti berbagai topik, antara lain konvergensi Muslim dan Kristen dalam pendidikan, kekerasan seksual di pesantren, dan pluralisme dalam pendidikan Muhammadiyah.

Berikut ini jenjang latar belakang pendidikan Prof. Mu`ti yang berhasil dirangkum Jurnas.com:

1. Madrasah Ibtidaiyah Manafiul Ulum Kudus
2. Madrasah Tsanawiyah Negeri Kudus
3. Madrasah Aliyah Negeri Purwodadi Filial Kudus
4. Fakultas Tarbiyah IAIN Walisong Semarang
5. Sekolah Pendidikan Universitas Flinders Australia
6. Sekolah Pascasarjana UIN Jakarta

Selain itu, Prof. Mu`ti juga pernah menjabat sebagai Kepala Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) periode 2019-2023 sebelum dibubarkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

KEYWORD :

Abdul Mu`ti Menteri Pendidikan Kabinet Prabowo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :