Senin, 21/10/2024 09:18 WIB

Beri Selamat Mendag Budi Santoso, GINSI Komit sebagai Mitra Strategis

Ia memiliki sepak terjang yang cukup panjang dengan menduduki beberapa posisi di Kemendag.

Menteri Perdagangan Budi Santoso. Foto: elshinta

JAKARTA, Jurnas.com - Gabungan Importir Nasional Seluruh Indonesia (GINSI) menyampaikan ucapan selamat dan sukses serta selamat bekerja untuk Budi Santoso, yang kini menjabat sebagai Menteri Perdagangan pada Kabinet Merah Putih yang di umumkan Presiden Prabowo Subianto, pada Minggu Malam (20/10/2024).

Wakil Ketua Umum BPP GINSI, Erwin Taufan mengemukakan optimistis bahwa dibawah kepeminpinan Mendag Budi Santoso, iklim dan kegiatan perdagangan nasional ditataran lokal maupun global akan semakin berkembang.

Untuk itu, GINSI sebagai wadah pelaku usaha importasi nasional akan terus mensupport dan memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan iklim perdagangan untuk mendorong pertumbuhan perekonomian nasional 8%.

"Apalagi, pak Budi Santoso merupakan Sosok yang sudah tidak asing lagi bagi kalangan dunia usaha, karena beliau juga sudah cukup lama berperan aktif dengan berbagai posisi strategisnya di Kementerian Perdagangan," ucap Taufan, Minggu Malam (20/10/2024).

Dia menambahkan, GINSI juga berkomitmen akan terus menjadi mitra strategis Pemerintah, termasuk dengan Kemendag yang selama ini telah berjalan baik.

Budi Santoso, yang sebelumnya menjabat Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan (Kemendag) kini menjadi Menteri Perdagangan di kabinet Prabowo Subianto.

Mengutip Antara, Budi Santoso lahir pada 9 Februari 1968. Dalam segi akademis, Budi mendapat gelar Sarjana Komunikasi Massa di Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Ia melanjutkan pendidikannya dan mendapat gelar Magister Ilmu Administrasi di Universitas Indonesia. Setelah itu, Budi mendapatkan gelar Doktor Ilmu Komunikasi di Universitas Sahid.

Ia memiliki sepak terjang yang cukup panjang dengan menduduki beberapa posisi di Kemendag. Pada 2010, Ia menduduki jabatan sebagai Kasubdit Ekonomi Kreatif pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional dan dirinya dipromosikan menjadi Atase Perdagangan India.

Sepulang dari India, Budi sempat diangkat sebagai Kepala Bagian Program dan Kerjasama pada unit Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional. Sampai 2018, Budi tercatat pernah menjabat di berbagai jabatan Eselon II di lingkungan Kemendag seperti Kepala Pusat Data dan Informasi tahun 2017, Direktur Bina Usaha dan Pelaku Distribusi tahun 2017, serta Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian tahun 2018.

Setelah itu, Ia juga sempat menduduki posisi Kepala Biro Keuangan pada Juni 2020-September 2020. Pada September 2020 sampai Desember 2022 Budi menjabat sebagai Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei.

Karirnya berlanjut sebagai Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri pada Desember 2022 sampai Agustus 2024. Barulah pada 14 Agustus 2024, Budi dilantik menjadi Sekjen Kemendag oleh Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan. Selain di Kemendag, Budi juga pernah menjadi Komisaris ID FOOD.

KEYWORD :

Budi Santoso GINSI Kemendag




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :