Selasa, 22/10/2024 06:22 WIB

Warga Israel sebut serang Kelompok Keuangan terkait Hizbullah, Ledakan Bombardir Beirut

Warga Israel sebut serang Kelompok Keuangan terkait Hizbullah, Ledakan Bombardir Beirut

Pinggiran selatan Beirut, 20 Oktober 2024. REUTERS

BEIRUT - Ratusan penduduk Beirut meninggalkan rumah mereka pada Minggu malam dengan beberapa ledakan terdengar di seluruh ibu kota Lebanon. Israel bersiap untuk menyerang lokasi yang terkait dengan operasi keuangan kelompok Hizbullah Lebanon dan meminta orang-orang untuk segera meninggalkan daerah tersebut.

Saksi mata Reuters melihat gumpalan asap hitam tebal mengepul di udara setelah sedikitnya 10 ledakan. Saksi mata, yang berbicara dengan syarat anonim, mengatakan sebuah bangunan yang terletak di lingkungan Chiyah di pinggiran selatan Beirut hancur menjadi puing-puing dan beberapa orang di daerah itu telah melarikan diri sebelum ledakan terjadi, sehingga tidak ada korban jiwa.

Tidak ada informasi langsung tentang apa yang menyebabkan ledakan itu, atau rincian lebih lanjut tentang korban jiwa. Massa yang panik memenuhi jalan-jalan dan menyebabkan kemacetan lalu lintas di beberapa bagian Beirut saat mereka mencoba mencapai lingkungan yang dianggap lebih aman, kata saksi mata.

Seorang juru bicara militer Israel mengatakan sebelumnya dalam sebuah pernyataan yang diunggah di platform media sosial X bahwa mereka "akan mulai menyerang infrastruktur milik Asosiasi Hezbollah Al-Qard Al-Hassan - segera menjauh darinya."

Al-Qard al-Hassan - yang menurut AS digunakan oleh Hezbollah yang didukung Iran untuk mengelola keuangannya - memiliki lebih dari 30 cabang di seluruh Lebanon termasuk 15 di bagian padat penduduk di pusat kota Beirut dan pinggirannya. Tidak ada pernyataan langsung dari organisasi, Hizbullah, atau pemerintah Lebanon.

Ketika ditanya oleh wartawan apakah cabang-cabang tersebut dapat dianggap sebagai target militer, seorang pejabat senior intelijen Israel mengatakan: "Tujuan dari serangan ini adalah untuk menargetkan kemampuan fungsi ekonomi Hizbullah baik selama perang tetapi juga setelahnya untuk membangun kembali dan mempersenjatai kembali... pada hari berikutnya."

Pertempuran lintas batas antara Israel dan Hizbullah meletus setahun yang lalu ketika kelompok itu mulai meluncurkan roket untuk mendukung kelompok militan Palestina Hamas di Gaza.

Pada awal Oktober, Israel melancarkan serangan darat di Lebanon dalam upaya untuk menstabilkan wilayah perbatasan bagi warganya yang telah melarikan diri dari serangan roket di Israel utara.

SERANGAN YANG MENINGKAT
Israel telah mengintensifkan kampanye militernya baik di Gaza maupun Lebanon, beberapa hari setelah pembunuhan pemimpin Hamas Yahya Sinwar yang meningkatkan harapan akan dimulainya negosiasi gencatan senjata untuk mengakhiri konflik selama lebih dari setahun.

Dengan semakin dekatnya pemilihan umum AS, para pejabat, diplomat, dan sumber lain di kawasan tersebut mengatakan Israel berupaya melalui operasi militer untuk mencoba melindungi perbatasannya dan memastikan para pesaingnya tidak dapat berkumpul kembali.

Israel juga bersiap untuk membalas serangan rudal Iran awal bulan ini, meskipun Washington telah mendesaknya untuk tidak menyerang fasilitas energi atau situs nuklir Iran.

Sebelumnya pada hari Minggu, Israel mengatakan telah menyerang markas intelijen Hizbullah dan bengkel senjata bawah tanah di Beirut.
Jet tempur menewaskan tiga komandan Hizbullah, kata militer Israel.

Hizbullah tidak segera berkomentar tentang serangan tersebut, tetapi mengatakan telah menembakkan rudal ke pasukan Israel di Lebanon dan di sebuah pangkalan di Israel utara.

Seorang kolonel Israel berusia 41 tahun tewas, dan seorang perwira lainnya terluka dalam pertempuran di Gaza utara pada hari Minggu, kata militer Israel. Saluran 12 Israel dan penyiar publik Kan melaporkan sebuah alat peledak telah meledak di bawah sebuah tank.

Para pejabat mengatakan tim penyelamat masih mengevakuasi orang-orang dari reruntuhan setelah serangan Israel di kota Gaza utara Beit Lahiya yang menyebabkan 87 orang tewas atau hilang pada hari Sabtu, menurut kementerian kesehatan - salah satu jumlah korban tewas tertinggi selama berbulan-bulan dari satu serangan.

Serangan itu terjadi dua minggu setelah serangan besar di sekitar Jabalia, tepat di selatan Beit Lahiya, tempat Israel mengatakan pasukannya telah berusaha membasmi sisa pejuang Hamas.

Israel mengatakan serangan itu mengenai sasaran Hamas, mempertanyakan jumlah korban tewas sebelumnya sebanyak 73 yang dirilis oleh kantor media Hamas.

Militan yang dipimpin Hamas menewaskan 1.200 orang dan menyandera 250 orang dalam serangan terhadap Israel pada 7 Oktober tahun lalu yang memicu perang di Gaza, menurut penghitungan Israel. Respons militer Israel di Gaza telah menewaskan lebih dari 42.500 orang dan membuat sebagian besar dari 2,3 juta penduduk Gaza kehilangan tempat tinggal, kata pejabat Palestina.

Selama tahun lalu, pejabat Lebanon memperkirakan lebih dari 2.400 orang telah tewas dan lebih dari 1,2 juta orang mengungsi di Lebanon. Lima puluh sembilan orang telah terbunuh di Israel utara dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki selama periode yang sama, kata otoritas Israel.

KEYWORD :

Israel Lebanon Konfrontasi Hizbullah Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :