Selasa, 22/10/2024 18:49 WIB

Jadi Ketua MKD, Nazarudin Dek Gam Komit Kerja Keras Jaga Marwah DPR

Nanti kami akan gaspol lakukan kerja-kerja menegakkan dan menjaga kehormatan DPR

Ketua MKD DPR RI, Nazaruddin Dek Gam. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Nazaruddin Dek Gam ditunjuk menjadi Ketua Mahkaham Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI.

Dek Gam berkomitmen melakukan kerja-kerja terbaik demi menjaga muruah Legislatif.

"Nanti kami akan gaspol lakukan kerja-kerja menegakkan dan menjaga kehormatan DPR," kata dia kepada wartawan, Selasa (22/10).

Nazaruddin mengatakan ada dua hal yang menjadi prioritasnya dalam mengemban tugas sebagai Ketua MKD. Pertama, membuka akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk membuat laporan atau memberikan informasi tentang dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh anggota DPR RI.

"Kami akan menindaklanjuti setiap laporan secara hati-hati, profesional dan serius," kata Nazaruddin.

Legislator Fraksi PAN itu berjanji akan menjatuhkan sanksi yang sesuai ketentuan jika menemukan bukti pelanggaran dari anggota dewan. Sebaliknya, kata dia, jika tidak tidak terbukti maka MKD akan melakukan melakukan segala upaya untuk memulihkan nama baik anggota DPR sebagai terlapor.

"Jika terjadi pelanggaran maka kami akan menjatuhkan sanksi sesuai ketentuan, tapi jika tidak terbukti terjadi pelanggaran maka kami akan merehabilitasi nama baik anggota DPR yang dilaporkan," kata Nazaruddin.

Lebih jauh, dia mengatakan, prioritas kedua ialah mengingatkan kepada seluruh fraksi agar menertibkan anggotanya. Khususnya, terkait tingkat kehadiran dalam rapat rapat di DPR.

"Kami menargetkan tingkat kehadiran anggota DPR meningkat daripada periode sebelumnya," ucap Nazaruddin.

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Ketua MKD Nazaruddin Dek Gam PAN




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :