Rabu, 23/10/2024 06:19 WIB

Badan Keamanan Sebut Israel Bongkar Jaringan Mata-mata yang Bekerja untuk Iran

Badan Keamanan Sebut Israel Bongkar Jaringan Mata-mata yang Bekerja untuk Iran

Pemandangan umum pelabuhan di Haifa, Israel, 24 Juli 2022. REUTERS

YERUSALEM - Badan keamanan Israel telah membongkar jaringan mata-mata yang mengumpulkan informasi atas nama intelijen Iran dalam upaya terbaru Teheran untuk merekrut warga Israel untuk spionase, kata Shin Bet dan polisi pada hari Senin.

Tujuh warga Israel dari wilayah utara Israel, termasuk kota pelabuhan Haifa, ditangkap setelah penyelidikan menemukan bahwa mereka telah mengumpulkan informasi intelijen tentang pangkalan militer Israel dan infrastruktur energi dan pelabuhan, kata pernyataan bersama Shin Bet dan kepolisian.

Polisi Israel mengatakan pelanggaran keamanan tersebut merupakan salah satu yang paling serius yang pernah terjadi di Israel.

"Penilaiannya adalah bahwa aktivitas anggota jaringan tersebut telah menyebabkan kerusakan keamanan bagi keamanan negara," kata seorang sumber senior di dinas keamanan Shin Bet.

Kementerian luar negeri Iran tidak segera bersedia memberikan komentar.

Para tersangka, yang termasuk dua anak di bawah umur, telah ditugaskan oleh dua agen dari dinas intelijen Iran untuk melaksanakan ratusan tugas pengumpulan informasi di pangkalan militer di seluruh negeri, kata pernyataan Israel.

Targetnya termasuk pembangkit listrik di kota utara Hadera, pangkalan militer dengan penekanan pada angkatan udara dan laut, serta baterai dan pelabuhan pertahanan udara Iron Dome Israel, kata pernyataan tersebut.

Para tersangka bekerja dengan imbalan ratusan ribu dolar, yang sebagian diproses menggunakan mata uang kripto.

"Sebagai bagian dari penyelidikan, banyak materi yang disita dikumpulkan oleh anggota jaringan dan diserahkan kepada agen Iran," kata sumber senior Shin Bet.

Para tersangka bertindak karena keserakahan akan uang "dan merugikan negara Israel dan warganya," kata polisi.
Dakwaan diharapkan akan disampaikan dalam beberapa hari mendatang oleh kantor kejaksaan Israel.

Pada bulan September, dinas keamanan Israel menangkap seorang warga negara Israel atas dugaan keterlibatan dalam rencana pembunuhan yang didukung Iran terhadap orang-orang terkemuka termasuk perdana menteri.

Israel memiliki sejarah panjang operasi intelijen di Iran, yang diduga termasuk pembunuhan Ismail Haniyeh, pemimpin politik kelompok Islam Palestina Hamas di wisma tamu negara Teheran pada bulan Juli. Israel tidak mengklaim bertanggung jawab atas pembunuhan itu.

KEYWORD :

Israel Iran Eskalasi Timur Tengah Bongkar Spionase




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :