Rabu, 23/10/2024 18:26 WIB

Pimpinan DPR Respon Permintaan Menteri HAM Naikkan Anggaran Rp20 Triliun

Kita belum lihat ya apa-apa saja yang diajukan dari Rp 60 miliar sampai Rp 20 triliun. Nanti kita akan lihat apakah masuk akal atau tidak.

Wakil Ketua DPR RI, Adies Kadir. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Wakil Ketua DPR RI Adies Kadir menyoroti keinginan Menteri HAM Natalius Pigai agar anggaran kementeriannya mencapai Rp 20 triliun.

Politikus Golkar itu menerangkan, pihaknya perlu melihat terlebih dulu kebutuhan apa saja yang diperlukan dari anggaran tersebut.

"Kita belum lihat ya apa-apa saja yang diajukan dari Rp 60 miliar sampai Rp 20 triliun. Nanti kita akan lihat apakah masuk akal atau tidak," kata Adies di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (23/10).

Menurutnya, apabila kebutuhan anggaran tersebut tidak masuk akal, DPR tentunya akan mempertimbangkan. Tapi, tentunya akan melihat kembali penyesuaian dengan keuangan negara.

“Sebenarnya apa pun yang diajukan, selama masuk akal, itu harus bisa dipenuhi, tinggal kita lihat kekuatan dari dana negara kita, apakah APBN kita memenuhi atau tidak untuk memenuhi anggaran tersebut," kata Adies.

Dia mencontohkan, seperti BNN, badan penanggulangan narkotika nasional. Apabila memenuhi keinginan mereka, tentunya anggaran yang dibutuhkan amat besar.

“Tapi kan pemerintah mengatur bagaimana supaya narkotika bisa dikendalikan, tetapi juga dengan anggaran yang menyesuaikan keadaan dari badan negara kita," demikian Adies Kadir.

Sebelumnya, Natalius Pigai langsung meminta kepada Presiden Prabowo agar anggaran kementeriannya dinaikkan menjadi di atas Rp 20 triliun.

Menurut Natalius Pigai, anggaran Kementerian HAM saat ini sebesar Rp 64 miliar tidak cukup untuk mewujudkan visi Presiden Prabowo Subianto di bidang HAM.

 

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Golkar Adies Kadir anggaran Menteri HAM Natalius Pigai




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :