Kamis, 24/10/2024 00:56 WIB

Menteri PU Pastikan Keberlanjutan Pembangunan Infrastruktur

Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo memastikan keberlanjutan pembangunan infrastruktur.

Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Menteri PU, Dody Hanggodo (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo memastikan keberlanjutan pembangunan infrastruktur. Hal ini disampaikan saat menerima kunjungan Menteri Koordinator Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor Kementerian PU, Rabu (23/10).

Didampingi Wakil Menteri PU Diana Kusumastuti dan jajaran Pejabat Tinggi Madya Kementerian PU, Hanggodo mengatakan pembangunan infrastruktur harus terus berkelanjutan guna mencapai Indonesia Emas 2045.

"Kabinet baru jangan sampai membuat pembangunan yang telah berjalan tidak berkelanjutan. Rasanya kurang efektif jika setiap periode pemerintahan yang baru kemudian kebijakan pembangunan yang baik justru berhenti, tidak berkelanjutan," kata Hanggodo.

Wamen PU Diana Kusumastuti mengatakan salah satu pembangunan infrastruktur yang menjadi prioritas untuk terus dilanjutkan adalah menyambungkan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) sepanjang total sepanjang 2.998 km dan diharapkan akan tembus hingga 1.137 km pada akhir 2024.

Kemudian terdapat enam bendungan yang dapat diresmikan dalam waktu dekat dari 61 bendungan yang dibangun. Di antaranya adalah Bendungan Jlantah di Jawa Tengah, Bendungan Keureto di Aceh dan Bendungan Sidan di Bali.

Sementara itu, Menko AHY menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur untuk menghadirkan sentra-sentra pertumbuhan ekonomi yang baru dan memperkuat yang sudah ada.

"Presiden Prabowo mengharapkan Kementerian PU bisa menjalankan tugasnya dengan baik, mencegah inefisiensi APBN. Kalau ditata dengan baik bisa semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," kata Menko AHY.

Dia menambahkan, pembangunan infrastruktur juga tidak lepas dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

"Hal ini juga inline dengan Asta Cita di mana Presiden menyampaikan bahwa masyarakat kita, generasi selanjutnya tidak boleh ada yang stunting. Salah satu solusi yang tidak kalah penting adalah memperbaiki infrastruktur air bersih dan sanitasi," dia menambahkan.

KEYWORD :

Menteri PU Dody Hanggodo Pembangunan Infrastruktur




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :