Kamis, 24/10/2024 09:15 WIB

Korsel dan Inggris Peringatkan Harga Tinggi yang akan Dibayarkan Moskow ke Pyongyang

Korsel dan Inggris Peringatkan Harga Tinggi yang akan Dibayarkan Moskow ke Pyongyang

Duta Besar Alternatif AS untuk PBB untuk Urusan Politik Khusus Robert Wood di markas besar PBB di New York City, AS, 30 Agustus 2024. REUTERS

NEW YORK - Akan menjadi "perkembangan yang berbahaya dan sangat memprihatinkan" jika Korea Utara mengirim pasukan untuk membantu Rusia di Ukraina, Amerika Serikat mengatakan pada hari Senin sementara Korea Selatan dan Inggris memperingatkan tentang harga tinggi yang kemungkinan harus dibayar Moskow kepada Pyongyang.

"Kami sedang berkonsultasi dengan sekutu dan mitra kami tentang implikasi dari langkah dramatis tersebut," wakil Duta Besar AS untuk PBB Robert Wood mengatakan kepada Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa yang beranggotakan 15 orang. Rusia menginvasi negara tetangga Ukraina pada bulan Februari 2022.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Pyongyang bersiap untuk mengirim 10.000 tentara ke Rusia. Duta Besar Ukraina untuk PBB Sergiy Kyslytsya mengatakan kepada Dewan Keamanan pada hari Senin: "Pasukan ini diharapkan siap berperang melawan Ukraina pada tanggal 1 November."

Badan mata-mata Korea Selatan mengatakan minggu lalu bahwa Korea Utara telah mengirim 1.500 pasukan khusus ke Timur Jauh Rusia untuk pelatihan dan aklimatisasi di pangkalan militer dan bahwa mereka kemungkinan akan dikerahkan untuk pertempuran di Ukraina.

"Jika benar, ini menandai perkembangan yang berbahaya dan sangat memprihatinkan serta hubungan militer DPRK dan Rusia yang semakin dalam," kata Wood tentang laporan tersebut, menggunakan nama resmi Korea Utara - Republik Rakyat Demokratik Korea.

Kremlin sebelumnya pada hari Senin menolak untuk menjawab secara langsung pertanyaan tentang apakah pasukan Korea Utara akan bertempur di Ukraina, tetapi juru bicara Dmitry Peskov mengatakan kerja sama Moskow dengan Pyongyang tidak ditujukan terhadap negara ketiga.

Duta Besar Rusia untuk PBB Vassily Nebenzia menuduh negara-negara Barat menjadi "terganggu oleh penyebaran ketakutan dengan momok Iran, Cina, dan Korea, yang masing-masing lebih tidak masuk akal daripada yang sebelumnya."

Duta Besar Inggris untuk PBB Barbara Woodward mengatakan "sangat mungkin" Korea Utara mengirim pasukan.

"Tampaknya semakin sulit (Presiden Rusia Vladimir) Putin merekrut orang Rusia untuk menjadi umpan meriam, semakin bersedia dia mengandalkan DPRK dalam perang ilegalnya," katanya. "Kita dapat yakin bahwa pimpinan DPRK akan meminta imbalan yang tinggi dari Rusia sebagai balasannya."

Duta Besar Korea Selatan untuk PBB Joonkook Hwang juga memperingatkan dewan tentang implikasi dari langkah tersebut.

"Korea Utara akan mengharapkan imbalan yang besar dari Moskow sebagai imbalan atas kontribusi pasukannya. Bisa berupa bantuan militer atau keuangan. Bisa juga berupa teknologi yang berkaitan dengan senjata nuklir," katanya.

Korea Utara telah berada di bawah sanksi PBB sejak 2006 karena program rudal nuklir dan balistiknya, dan tindakan tersebut telah diperkuat selama bertahun-tahun - dengan dukungan Rusia.

KEYWORD :

Korsel Amerika Tuduh Korut Bantu Pasukan Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :