Kamis, 24/10/2024 11:23 WIB

Serukan Gencatan Senjata, UNDP Sebut Pembangunan di Gaza Terhambat 70 Tahun

Serukan Gencatan Senjata, UNDP Sebut Pembangunan di Gaza Terhambat 70 Tahun

Warga Palestina yang mengungsi diperintahkan oleh militer Israel untuk mengevakuasi lingkungan mereka di Beit Lahiya di Jalur Gaza utara 22 Oktober 2024. REUTERS

KAIRO - Perang di Gaza telah menghancurkan ekonomi Palestina, yang sekarang 35% lebih kecil daripada saat dimulainya invasi Israel setahun yang lalu, badan pembangunan Perserikatan Bangsa-Bangsa mengatakan pada hari Selasa.

UNDP mengatakan indikator kualitas hidup seperti kesehatan dan pendidikan telah terpuruk 70 tahun ke belakang hingga tahun 1950-an.

Di Gaza utara, penduduk mengatakan pasukan Israel telah mengepung rumah sakit, sekolah, dan tempat penampungan lain yang menampung keluarga pengungsi dan memerintahkan mereka untuk pergi dan menuju ke selatan. Mereka mengatakan pasukan menahan puluhan pria.

Rekaman yang diperoleh Reuters menunjukkan puluhan penduduk melarikan diri dari daerah mereka, membawa beberapa barang milik mereka.

Hussam Abu Safiya, direktur Rumah Sakit Kamal Adwan, mengatakan layanan medis telah benar-benar runtuh. "Tidak ada unit darah atau tabung untuk mengalirkan darah yang keluar dari dada. Sebagian besar pasokan medis tidak tersedia," katanya dalam sebuah pernyataan.

"Orang-orang di sekitar rumah sakit diminta untuk mengungsi, dan mereka yang dievakuasi ditembak di tengah jalan...situasinya lebih dari sekadar bencana."

Badan pengungsi Palestina PBB pada hari Selasa menyerukan gencatan senjata sementara mengizinkan orang meninggalkan wilayah Gaza utara. Pejabat kesehatan mengatakan mereka kehabisan persediaan untuk merawat pasien yang terluka dalam serangan Israel selama tiga minggu.

Philippe Lazzarini, kepala badan bantuan UNRWA, mengatakan situasi kemanusiaan telah mencapai titik yang mengerikan, dengan mayat-mayat yang ditinggalkan di pinggir jalan atau terkubur di bawah reruntuhan.

"Di Gaza utara, orang-orang hanya menunggu untuk mati," katanya dalam sebuah pernyataan di X. "Mereka merasa ditinggalkan, putus asa, dan sendirian."

"Saya menyerukan gencatan senjata segera, bahkan jika hanya untuk beberapa jam, untuk memungkinkan perjalanan kemanusiaan yang aman bagi keluarga yang ingin meninggalkan daerah tersebut & mencapai tempat yang lebih aman," katanya.

Seruan itu muncul saat Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken tiba di Israel untuk mencoba menghidupkan kembali perundingan gencatan senjata Gaza setelah kematian Yahya Sinwar minggu lalu, pemimpin kelompok militan Palestina Hamas yang menguasai daerah kantong itu.

Washington telah meminta Israel untuk mengizinkan lebih banyak pasokan kemanusiaan ke Gaza utara dan Israel mengatakan bantuan telah dikirimkan melalui sejumlah truk serta melalui udara, tetapi petugas medis Gaza mengatakan bantuan tersebut belum sampai ke mereka.

Pada hari Selasa, pejabat kesehatan Gaza mengatakan lebih dari 20 orang telah tewas oleh pasukan Israel. Puluhan jenazah orang yang tewas akibat tembakan Israel berada di pinggir jalan dan di bawah reruntuhan. Tim penyelamat tidak dapat menjangkau mereka karena serangan yang sedang berlangsung, kata mereka.

"Banyak yang terluka telah meninggal di depan mata kita dan kami tidak dapat berbuat apa pun untuk mereka," kata Munir Al-Bursh, direktur kementerian kesehatan Gaza, yang saat ini berada di Gaza utara.

"Rumah sakit juga kehabisan peti mati untuk mempersiapkan jenazah dan kami telah meminta orang-orang untuk menyumbangkan kain apa pun yang mereka miliki di rumah," katanya dalam sebuah pernyataan.

Militer Israel, yang melancarkan serangan terhadap militan Hamas yang bertahan di kota utara Jabalia bulan ini, mengatakan pihaknya mengevakuasi orang-orang di sepanjang rute yang ditentukan dan telah menyaring puluhan militan dari warga sipil yang menuju ke selatan.

Pesawat nirawak Israel berputar-putar di atas kepala, menyerukan warga Palestina untuk mengevakuasi daerah sekitar kota Beit Lahiya, tepat di utara Jabalia tempat serangan dimulai awal bulan ini.

Banyak warga Palestina khawatir perintah evakuasi tersebut merupakan bagian dari rencana Israel untuk membersihkan daerah tersebut guna menciptakan zona penyangga yang akan memungkinkan Israel untuk mengendalikan Gaza setelah perang.

Militer Israel membantah evakuasi tersebut merupakan bagian dari rencana yang lebih luas, dengan mengatakan pihaknya memindahkan orang-orang untuk memisahkan mereka dari para pejuang Hamas.

Dikatakan bahwa pasukan telah membongkar terowongan dan infrastruktur Hamas lainnya di Beit Lahiya. Penduduk setempat mengatakan pertempuran tampaknya terbatas pada serangan tabrak lari oleh kelompok-kelompok kecil militan Hamas, "bukan pertempuran yang sebenarnya atau pertempuran yang seimbang," kata seorang warga Palestina di daerah tersebut melalui aplikasi pesan.

Sayap bersenjata Hamas dan Jihad Islam mengatakan mereka telah menyerang pasukan Israel dengan roket antitank dan tembakan mortir.

Jumlah korban tewas dalam perang lebih dari setahun di Gaza mendekati 43.000, menurut angka terbaru dari kementerian kesehatan, dan sebagian besar dari 2,3 juta penduduk mengungsi, banyak di antaranya tinggal di tempat penampungan sementara.

Serangan Israel dipicu oleh serangan yang dipimpin Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober 2023, yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera sekitar 250 orang di Gaza.

KEYWORD :

Israel Palestina Gencatan Senjata Dukungan Amerika




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :