Kamis, 24/10/2024 13:19 WIB

Jawab Tuduhan Bantuan Pasukan, Utusan Rusia Sebut Kerjasama Pyongyang Sesuai Hukum

Jawab Tuduhan Bantuan Pasukan, Utusan Rusia Sebut Kerjasama Pyongyang Sesuai Hukum

Wakil Menteri Luar Negeri Pertama Korea Selatan Kim Hong-kyun menghadiri pertemuan trilateral di Kementerian Luar Negeri di Seoul, Korea Selatan pada 16 Oktober 2024. Foto via REUTERS

SEOUL - Kementerian Luar Negeri Korea Selatan memanggil duta besar Rusia di Seoul pada hari Senin untuk memprotes apa yang disebutnya sebagai pengiriman pasukan Korea Utara ke Rusia untuk ditempatkan di Ukraina.

Kremlin menolak untuk langsung menjawab pertanyaan tentang apakah pasukan Korea Utara akan bertempur di Ukraina tetapi juru bicara Dmitry Peskov mengatakan kerja sama Moskow dengan Pyongyang tidak ditujukan terhadap negara ketiga.

Wakil menteri luar negeri pertama Korea Selatan Kim Hong-kyun memanggil duta besar Rusia Georgy Zinoviev dan mendesak penarikan segera tentara Korea Utara dari Rusia, kata kementerian tersebut dalam sebuah pernyataan.

Kremlin sebelumnya telah menolak pernyataan Korea Selatan bahwa Korea Utara mungkin telah mengirim beberapa personel militer untuk membantu Rusia melawan Ukraina.

Kim mengatakan partisipasi pasukan Korea Utara dalam perang di Ukraina melanggar resolusi PBB dan piagam PBB dan menimbulkan ancaman serius terhadap keamanan Korea Selatan dan sekitarnya.

"Kami mengutuk kerja sama militer ilegal Korea Utara, termasuk pengiriman pasukannya ke Rusia, dengan kata-kata yang paling keras," kata kementerian mengutip ucapan Kim.

"Kami akan menanggapi bersama dengan masyarakat internasional dengan memobilisasi semua cara yang tersedia untuk melawan tindakan yang mengancam kepentingan keamanan inti kami."

Zinoviev memberi tahu Kim bahwa kerja sama antara Moskow dan Pyongyang sejalan dengan hukum internasional dan tidak ditujukan untuk melawan kepentingan keamanan Korea Selatan, kata kedutaan Rusia dalam sebuah unggahan Facebook.

Badan mata-mata Korea Selatan mengatakan minggu lalu bahwa Korea Utara telah mengirim 1.500 pasukan khusus ke Timur Jauh Rusia untuk pelatihan dan aklimatisasi di pangkalan militer setempat dan bahwa mereka kemungkinan akan dikerahkan untuk bertempur dalam perang di Ukraina.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy menuduh Pyongyang bersiap mengirim 10.000 tentara ke Rusia, dan pada hari Minggu menyerukan reaksi keras dari negara-negara.

`PERKEMBANGAN BERBAHAYA`
Amerika Serikat mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka tidak dapat mengonfirmasi laporan bahwa pasukan Korea Utara tengah bertempur, tetapi mengatakan bahwa jika benar, itu akan menjadi "perkembangan berbahaya" dalam perang Rusia melawan Ukraina.

Kementerian pertahanan Korea Selatan mengatakan pada hari Senin bahwa Seoul telah berkonsultasi dengan Washington sebelum pengumuman badan mata-mata itu, dan mengutuk apa yang disebutnya sebagai keterlibatan ilegal Korea Utara di Ukraina dan mendesak penghentian segera.

Kepala NATO Mark Rutte, setelah panggilan telepon pada hari Senin dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol, mengatakan pada platform media sosial X bahwa jika Korea Utara mengirim pasukan ke Ukraina untuk berperang atas nama Rusia, itu akan meningkatkan konflik secara signifikan.

Kantor Yoon mengatakan dia setuju dengan saran Rutte agar Seoul mengirim delegasi pemerintah ke NATO untuk berbagi informasi lebih lanjut tentang langkah-langkah Korea Utara.

Lin Jian, juru bicara kementerian luar negeri Tiongkok, mengatakan Beijing berharap bahwa semua pihak akan bekerja untuk meredakan situasi.

Baik Rusia maupun Korea Utara telah membantah adanya transfer senjata tetapi telah berjanji untuk meningkatkan hubungan militer, menandatangani perjanjian pertahanan bersama pada pertemuan puncak di bulan Juni.

KEYWORD :

Korsel Amerika Tuduh Korut Bantu Pasukan Rusia




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :