Kamis, 24/10/2024 17:22 WIB

KPK Soroti 3 Proyek Strategis Pemkab Purworejo yang Mangkrak

Salah satu proyeknya adalah kebun binatang atau mini zoo dengan nilai proyek Rp9 miliar.

Proyek kebun binatang atau mini zoo Pemkab Purworejo dengan nilai proyek Rp9 miliar. (Foto: humas KPK)

Jakarta, Jurnas.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyoroti proyek strategis yang mangkrak di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo tahun 2023. Salah satunya adalah kebun binatang atau mini zoo dengan nilai proyek Rp9 miliar.

“Dari sisi fisik, proyek (kebun binatang atau mini zoo, red) itu tidak sempurna selesai 100 persen. Ada potensi-potensi kegagalan bangunan di sana,” kata Fungsional Satgas Korsup Wilayah III KPK Azril Zah dalam keterangan tertulisnya yang dikutip pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Azril mengatakan proyek mini zoo tersebut telah mengalami sejumlah kerusakan di beberapa sisi akibat tanah longsor. Di mana perbaikannya menelan biaya hingga Rp2 miliar.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) juga sudah menyoroti pembangunan kebun binatang itu. Namun, Pemkab Purworejo belum menemukan solusi agar pembangunan Mini Zoo dapat memberikan manfaat lebih untuk pemasukan kas daerah.

“Kita minta kepada dinas terkait, terutama pejabat pembuat komitmen (PPK) untuk menyelidiki audit (dari BPK) tersebut,” tegasnya.

Lebih lanjut, dikatakan, Azril, temuan lain yang disoroti KPK adalah Hotel Ganesha. Proyek strategis ini dibangun senilai Rp23 miliar tapi belum beroperasi sehingga dikhawatirkan akan terbengkalai.

Lalu, pembangunan Labkesda Purworejo dengan anggaran Rp7,9 miliar juga jadi sorotan KPK. Sebab, ada penundaan penyelesaian pekerjaan sesuai dengan jadwal sehingga berpotensi mangkrak dan ada penyimpangan atau fraud.

“Ini harus ditindaklanjuti serius oleh pemda, bagaimana mereka berkomitmen dan berupaya atas saran yang kami berikan. Di sisi lain, kami juga terus membantu mendorong dengan memantau proses keberlanjutannya,” pungkasnya.

KEYWORD :

KPK Pemkab Purworejo Proyek Strategis Proyek Mangkrak Kebun Binatang Purworejo




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :