Jum'at, 25/10/2024 05:20 WIB

Blinken Desak Penghentian Konflik Timur Tengah saat Israel Mengebom Kota Bersejarah Lebanon

Blinken Desak Penghentian Konflik Timur Tengah saat Israel Mengebom Kota Bersejarah Lebanon

Asap mengepul di atas kota pelabuhan Tyre yang terdaftar di UNESCO setelah serangan Israel, di Lebanon selatan 23 Oktober 2024. REUTERS

TYRE - Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Rabu mendesak penghentian pertempuran di Gaza dan solusi diplomatik untuk konflik di Lebanon. Tetapi serangan Israel di kota pelabuhan bersejarah Lebanon membuktikan bahwa belum ada jeda.

Awan asap tebal mengepul di atas bangunan perumahan di Tyre, kota pelabuhan yang terdaftar di UNESCO di Lebanon selatan, yang mulai dibom Israel beberapa jam setelah mengeluarkan perintah daring yang memerintahkan penduduk untuk meninggalkan daerah pusat.

Puluhan ribu orang telah meninggalkan Tyre saat Israel meningkatkan kampanyenya untuk menghancurkan Hizbullah di Lebanon dan Hamas di Gaza, keduanya sekutu dekat musuh bebuyutannya di Timur Tengah, Iran.

Pelabuhan itu biasanya ramai - dengan nelayan, turis, dan bahkan pasukan penjaga perdamaian PBB yang sedang istirahat dari tugas. Perintah evakuasi Israel minggu ini untuk pertama kalinya mencakup sebagian besar Tyre, hingga ke kastil kunonya.

"Lebih baik kami mati dengan bermartabat daripada hidup di jalanan," kata Batoum Zalghout, 25 tahun, yang melarikan diri dari zona evakuasi terakhir ke bagian lain kota itu. Dia mengatakan bahwa dia telah mengungsi bersama kedua anaknya sebanyak lima kali.

Serangan menghantam bagian tengah Tyre selama sekitar satu jam pada tengah hari. Militer Israel mengatakan telah menargetkan pusat komando dan kendali Hizbullah di sana, termasuk markas besarnya di garis depan selatan.

Tidak ada komentar langsung dari Hizbullah. Wali kota Tyre Hassan Dabouq mengatakan situs bersejarah kota itu tidak terkena serangan.

Di Israel utara, roket yang ditembakkan melintasi perbatasan memicu sirene serangan udara dan membuat orang-orang berlarian mencari tempat berlindung. Jejak asap menggantung di atas kota Haifa, yang tampaknya berasal dari intersepsi roket Hizbullah. Satu orang terluka parah, menurut layanan ambulans Israel.

Di Gaza, tempat Israel telah mengintensifkan serangan di tepi utara wilayah itu sejak membunuh pemimpin Hamas minggu lalu, otoritas kesehatan melaporkan sedikitnya 20 orang tewas dalam serangan Israel baru-baru ini, sebagian besar di utara.

Di antara yang tewas adalah Mohammed dan Bilal Abu Atwi - seorang pengemudi untuk badan bantuan PBB UNRWA dan saudaranya - tewas dalam serangan yang meledakkan kendaraan mereka yang bertanda PBB di Deir al-Balah.

"Anak-anak kami telah menjadi martir saat mereka mengabdi pada masyarakat dan rakyat," kata ayah mereka, Marwan, di rumah sakit tempat jenazah mereka disemayamkan dalam kantong plastik putih.

Washington telah meminta sekutunya, Israel, untuk berbuat lebih banyak untuk membantu warga Gaza. Kegagalan menangani situasi kemanusiaan di Gaza dapat menciptakan lebih banyak pemberontak, kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin. Israel membantah telah menghalangi bantuan dari zona pertempuran.

Blinken, yang telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah secara rutin selama perang, melakukan perjalanan pertamanya sejak Israel membunuh pemimpin Hamas Yahya Sinwar, musuh yang paling dicari, yang kematiannya diharapkan Washington dapat memberikan dorongan bagi perdamaian.

Perjalanan tersebut juga merupakan upaya perdamaian besar terakhir AS sebelum pemilihan presiden 5 November yang dapat mengubah kebijakan AS.

Washington bertujuan untuk mencegah pelebaran konflik guna mengantisipasi pembalasan Israel atas serangan rudal Iran 1 Oktober. Blinken mengatakan pembalasan Israel seharusnya tidak mengarah pada eskalasi yang lebih besar.

Setelah Blinken meninggalkan Israel, Menteri Pertahanan Yoav Gallant mengunjungi pangkalan militer dan memberi tahu pasukan bahwa begitu Israel menyerang Iran, semua orang akan memahami kekuatan mereka.

Blinken bertemu dengan pejabat Israel termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, kemudian melakukan perjalanan ke Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Departemen Luar Negeri mengatakan mereka membahas upaya untuk mengakhiri pertempuran di Gaza dan Lebanon.

`KEBERHASILAN STRATEGIS`
Di Lebanon, militer Israel mengatakan telah menewaskan tiga komandan Hizbullah dan sekitar 70 pejuang di selatan dalam 48 jam terakhir. Sehari sebelumnya, militer mengonfirmasi telah membunuh Hashem Safieddine, pewaris pemimpin kelompok militan tersebut setelah kematian Hassan Nasrallah dalam serangan udara Israel pada 27 September.

Serangan Israel terhadap Lebanon selama bulan lalu telah menewaskan hampir seluruh pimpinan Hizbullah, pukulan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam empat dekade pertempuran Israel melawan kelompok tersebut. Pembunuhan Sinwar Minggu lalu di Gaza mengakhirinya dengan pukulan telak bagi musuh besar lainnya, Hamas.

Setibanya di Lebanon untuk berunding tentang cara mengakhiri permusuhan, menteri luar negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan bahwa menyediakan senjata bagi Israel menimbulkan dilema: "Di satu sisi, Israel diserang setiap hari dan tidak mendukungnya berarti orang-orang tidak (dilindungi) ... Di sisi lain, Jerman juga bertanggung jawab untuk membela hukum humaniter internasional."

Blinken mengatakan sekarang saatnya bagi Israel untuk mengubah kemenangan militernya menjadi "keberhasilan strategis yang langgeng", untuk membawa pulang sandera dan mengakhiri konflik dengan rencana pascaperang yang jelas.

Setahun sejak para pejuang yang dipimpin oleh Sinwar mengamuk di kota-kota Israel yang menewaskan 1.200 orang dan menangkap lebih dari 250 sandera, Israel telah menghancurkan Gaza untuk membasmi Hamas, menewaskan hampir 43.000 warga Palestina.

Serangan bulan lalu di Lebanon telah membuat sedikitnya 1,2 juta warga Lebanon mengungsi. AS melihat kematian Sinwar sebagai kesempatan untuk membawa perdamaian, sehingga memudahkan Netanyahu untuk berargumen bahwa tujuan telah tercapai di Gaza.

Namun sejak kematiannya, Israel telah mengintensifkan serangan di wilayah utara tempat Hamas berkumpul kembali. Rumah sakit telah berhenti beroperasi dan kehabisan peti mati. Kampanye vaksinasi polio yang didukung PBB, yang diluncurkan setelah seorang bayi Gaza lumpuh karena penyakit tersebut, dihentikan.

"Kami menyerukan kepada dunia, yang telah gagal memberikan perlindungan dan tempat berteduh bagi rakyat kami dan tidak dapat mengirimkan makanan dan obat-obatan, untuk berupaya mengirimkan kain kafan bagi para korban kami yang gugur," kata kementerian kesehatan Gaza dalam sebuah pernyataan.

KEYWORD :

Israel Lebanon Gencatan Senjata Perluasan Perang Gaza




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :