Jum'at, 25/10/2024 01:22 WIB

JICC 2024 Sukses Satukan Konferensi dan Penghargaan bagi Pelaku Industri Kopi

JICC 2024 telah membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor kopi

Jakarta International Coffee Conference (JICC) 2024 Sukses Digelar (Istimewa)

Jakarta, Jurnas.com - Jakarta International Coffee Conference (JICC) 2024 resmi berakhir setelah tiga hari diselenggarakan pada 22-24 Oktober 2024 yang sarat dengan diskusi, inovasi dan kolaborasi dalam industri kopi.

Acara yang berlangsung di Gedung AA Maramis, Jakarta Pusat ini telah berhasil menarik perhatian komunitas kopi dari berbagai lapisan masyarakat dengan total 47 tenant kopi, komunitas penikmat kopi dan kolaborasi dari berbagai pihak seperti Disparekraf, Rahedira Reka Cipta, Teamup dan SCAI (Specialty Coffee Association of Indonesia).

JICC 2024 juga dimeriahkan oleh musisi-musisi ternama Indonesia, memberikan suasana yang dinamis selama acara berlangsung. Sebagai bentuk penghargaan atas kontribusi luar biasa dalam industri kopi, acara puncak hari ini ditutup dengan penyelenggaraan AKSI-SCAI Awards, sebuah penghargaan bergengsi yang dipersembahkan oleh Specialty Coffee Association of Indonesia (SCAI) bekerja sama dengan JICC.

Penghargaan ini memberikan apresiasi kepada individu dan organisasi yang telah berperan besar dalam memajukan industri kopi, baik di hulu maupun di hilir. Tujuan dari AKSI-SCAI Awards adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kontribusi para pelaku industri kopi lokal, mendorong keberlanjutan dan mempromosikan talenta-talenta baru dalam industri kopi Indonesia.

AKSI-SCAI Awards tahun ini memberikan penghargaan kepada 10 individu dan merek paling berpengaruh dalam industri kopi Indonesia, baik dari hulu hingga hilir.

Para penerima penghargaan termasuk Mikael Jasin, juara pertama World Barista Championship 2024 di Busan, Korea Selatan dan Farhan Papa Magic, seorang influencer kopi digital yang berkontribusi dalam memperkenalkan budaya kopi kepada generasi muda melalui platform media sosial.

Selain itu, Bandung Coffee Exchange juga diakui sebagai komunitas yang berperan besar dalam mengembangkan pendidikan kopi melalui acara-acara internasional mereka. Salah satu penghargaan tertinggi, Lifetime Achievement Award, diberikan kepada Eko Purnomowidi dari Klasik Beans atas dedikasinya selama puluhan tahun dalam membangun industri kopi Indonesia yang berkelanjutan.

Eko tidak hanya dikenal atas kontribusinya dalam peningkatan kualitas kopi Indonesia, tetapi juga dalam memberdayakan petani kopi lokal melalui program edukasi dan kerja sama.

Penghargaan lain seperti Most Influential Coffee Icon in 2024 diberikan kepada individu-individu yang telah mendefinisikan kembali standar keunggulan di industri kopi, seperti Ryan Wibawa, juara ketiga World Brewers Championship 2024 di Chicago yang membawa konsep Bhinneka Tunggal Ika dalam karyanya.

JICC 2024 telah membuktikan bahwa Indonesia memiliki potensi yang sangat besar dalam sektor kopi. Acara ini berhasil menciptakan kesadaran yang lebih luas tentang pentingnya keberlanjutan dalam industri kopi serta memperkuat hubungan antara para pemangku kepentingan dari dalam dan luar negeri.

Komite JICC 2024 dan Komunitas Ekonomi Kreatif Industri Kopi Jakarta, Ahmad Romero Comacho dan Yusouf M Aziz, menyampaikan harapan dari dampak positif diselenggarakannya JICC 2024.

JICC 2024 adalah momen yang sangat berharga untuk mempertemukan berbagai elemen industri kopi. Mulai dari petani, pengolah hingga pengusaha kopi, kami bersama-sama membahas berbagai isu penting untuk masa depan kopi Indonesia. Acara ini diharapkan menjadi jembatan untuk menghubungkan para pelaku industri kopi global dan memperkuat posisi kopi Indonesia di pasar dunia,” ujar Ahmad Romero Comacho atau yang akrab disapa Popo.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam JICC 2024. Kesuksesan acara ini tidak akan mungkin tercapai tanpa kolaborasi dan antusiasme yang luar biasa dari masyarakat. Kami siap menyambut JICC 2025 dengan konsep yang lebih segar dan inovatif,” tutup Popo.

Sementara itu, Yusouf M Aziz menambahkan bahwa pihaknya sangat bangga dengan pencapaian JICC 2024. Konferensi ini tidak hanya menyoroti keberlanjutan dalam industri kopi, tetapi juga mempromosikan kolaborasi antar berbagai pihak dari pemerintah hingga komunitas lokal. Kedepan, kami berharap JICC dapat terus menjadi platform yang relevan bagi pengembangan industri kopi Indonesia di kancah global.

KEYWORD :

JICC 2024 Kopi Industri




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :