Jum'at, 25/10/2024 15:28 WIB

Kakorlantas Polri Ingatkan Tugas Lain Polantas Selain Mengatur Lalu Lintas

Kakorlantas Polri ingatkan kembali tugas Polantas yang tidak hanya mengatur lalu lintas

Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan beri keterangan dan arahan. :(Foto: Jurnas/Ist).

Jakarta, Jurnas.com- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Aan Suhanan menyebut selain mengatur kondisi jalan dalam mengurai kemacetan, tugas polantas yang paling terutama adalah menjaga keselamatan berlalu lintas di jalan.

Pernyataan tersebut disampaikan Aan Suhanan saat menghadiri acara Rapat Koordinasi (Rakor) Ditkamsel Korlantas Polri TA 2024 di Jakarta, Kamis (24/10/2024).

"Tugas Polantas adalah mengkaji karena tugas pokok kita ini disamping itu tadi mengatasi kemacetan yang terpenting adalah mengatasi keselamatan berlalu lintas di jalan," ungkap Aan Suhanan.

Tak hanya itu, Aan mengatakan posisi kepolisian bersama dengan lima pilar tersebut adalah untuk berkontribusi terhadap pengguna jalan yang berkeselamatan terlebih dalam penggunaan data dan sebagainya.

"Kamsel ada standard, ada standard-standard bagaimana penerbitan STNK karena kalau tidak laik yang diterbitkan Kementerian Perhubungan kita juga wajib melakukan cek fisik kendaraan tersebut, kalau terjadi overload atau over dimensi harusnya tidak keluar itu STNK," jelasnya.

"Kalau sistem pengeremannya tidak betul harusnya tidak keluar STNK, harus diperbaiki dulu. Itu kontribusi kita terhadap pilar pilar tadi," sambungnya.

Terakhir, Kakorlantas berharap agar para Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) dihadirkan dalam rakor kali ini. Kakorlantas menilai bahwa peran para Dirlantas sangat vital dalam menjaga keselamatan dan kelancaran berlalu lintas.

"Saya harapkan mungkin berikutnya para Dirlantas bisa dihadirkan karena tanggung jawabnya besar sekali. Kita punya target indeks keselamatan kita ini di tahun 2025, indeksnya ada di angka 9, sekian," tuturnya.

"Kalau kita lihat angka saat ini, kita baru ada di angka 10,25 indeks keselamatan di kita ini. Makanya perlu kerja keras kita dari seluruh stakeholder, terutama dari Pak Dirkamsel untuk mencapai target tersebut. Tidak mudah mencapai indeks 9,5 ini," tambahnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Dirkamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Bakharuddin Muhammad Syah, Kasubdit Jemenopsrek itu Korlantas Polri Kombes Pol Ari Subiyanto, Pengamat transportasi dari Universitas Indonesia (UI) Ellen Tangkudung dan PJU Korlantas lainnya.

KEYWORD :

Kakorlantas Polantas Keselamatan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :