Jum'at, 25/10/2024 19:29 WIB

Asrama SMK Pertanian JHL Foundation Siap Tampung 250 Siswa

Progres pembangunan SMK Pertanian milik Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation) di Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat mengalami kemajuan signifikan.

Pembangunan SMK Pertanian JHL Foundation (Foto: Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Progres pembangunan SMK Pertanian milik Yayasan JHL Merah Putih Kasih (JHL Foundation) di Ciemas, Sukabumi, Jawa Barat mengalami kemajuan signifikan.

Founder JHL Foundation Jerry Hermawan Lo mengatakan, bahwa tiga bangunan asrama SMK Pertanian Sukabumi sudah berdiri tegak. Asrama ini difungsikan sebagai tempat menginap bagi para pelajar SMK Pertanian selama menimba ilmu.

"Tiga unit asrama sudah terbangun kokoh. Totalnya, sekolah ini bisa untuk menerima sampai 250 murid," kata Jerry, pada Rabu (23/10) lalu.

Pembangunan Sekolah SMK Pertanian ini merupakan kerjasama antara JHL Foundation dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD), yang kini dikomandoi oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Pemilik JSI Station di Puncak Bogor ini menuturkan, pengerjaan SMK Pertanian begitu cepat, setelah diresmikan KSAD Maruli Simanjuntak, yang juga didampingi oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman, pada Selasa (4/6) lalu.

Lanjut Jerry, pembangunan aula berserta dapur dan toilet juga sudah rampung pengerjaan. Aula ini pula menjadi penting sebagai tempat pertemuan para pelajar SMK Pertanian untuk rapat dan juga diskusi.

"Pengerjaan sudah banyak yang selesai seperti satu unit aula dengan dapur dan toilet," ujar Jerry.

Saat pembangunan SMK Pertanian Ciemas sudah rampung, sambung Jerry, maka kini pihaknya fokus untuk mencari guru pengajar dan prosesnya diserahkan langsung dengan Institut Pertanian Bogor (IPB).

"Perlengkapan laboratorium lapangan dan laboratorium kelas juga menunggu arahan dari IPB," kata dia.

Jerry menyampaikan, nantinya siswa/siswa SMK Pertanian ini berasal dari seluruh wilayah Indonesia, bukan hanya di sekitaran kawasan Sukabumi. Dia juga akan bekerja sama dan segera menandatangani MoU dengan IPB sebagai pihak yang akan menyelenggarakan pendidikan di SMK Pertanian Ciemas.

"IPB yang akan berkontribusi dalam hal kurikulum hingga tenaga pengajar juga penyelenggaraan pendidikannya," Jerry menambahkan.

Jerry menargetkan, pihaknya akan mencetak 1.000 pelajar dari SMK Pertanian yang sudah pandai dalam bercocok tanam. Kemudian, setelah lulus mereka akan diberi kesempatan untuk mengenyam sekolah yang lebih tinggi ke universitas.

SMK Pertanian ini tidak dipungut biaya sepeserpun atau gratis. Tak menutup kemungkinan juga para guru SMK Pertanian berasal dari pengajar di sekolah-sekolah sekitar. Dengan catatan, mereka yang mengajar sudah selesai memberi ilmu ke siswa-siswinya di sekolah.

KEYWORD :

SMK Pertanian Jerry Hermawan Lo JHL Foundation




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :