Senin, 28/10/2024 05:31 WIB

Netanyahu Bantah para Kritikus yang Menyebut Israel Bakal Tinggal di Gaza

Netanyahu Bantah para Kritikus yang Menyebut Israel Bakal Tinggal di Gaza

Orang-orang menaiki kereta yang ditarik hewan saat warga Palestina yang mengungsi di Jabalia di Jalur Gaza utara, 22 Oktober 2024. REUTERS

YERUSALEM - Jenderal pensiunan Israel Giora Eiland yakin Israel akan menghadapi pertempuran selama berbulan-bulan di Gaza kecuali Perdana Menteri Benjamin Netanyahu menggunakan kesempatan yang diberikan oleh kematian pemimpin Hamas Yahya Sinwar untuk mengakhiri perang.

Sejak kematian Sinwar bulan ini, Eiland telah menjadi salah satu dari sekelompok mantan perwira senior militer yang mempertanyakan strategi pemerintah di Gaza, di mana awal bulan ini pasukan kembali ke wilayah utara yang telah dibersihkan setidaknya dua kali sebelumnya.

Selama tiga minggu terakhir, pasukan Israel telah beroperasi di sekitar Jabalia, di Gaza utara, ketiga kalinya mereka kembali ke kota dan kamp pengungsi bersejarahnya sejak dimulainya perang pada Oktober 2023.

Alih-alih pendekatan yang disukai militer Israel berupa tindakan cepat dan tegas, banyak mantan pejabat keamanan mengatakan tentara berisiko terjebak dalam kampanye terbuka yang membutuhkan kehadiran pasukan permanen.

"Pemerintah Israel bertindak sangat bertentangan dengan konsep keamanan Israel," Yom-Tov Samia, mantan kepala Komando Selatan militer, mengatakan kepada radio publik Kan.

Sebagian dari operasi tersebut melibatkan evakuasi ribuan orang dari daerah tersebut dalam upaya untuk memisahkan warga sipil dari pejuang Hamas.

Militer mengatakan telah memindahkan sekitar 45.000 warga sipil dari daerah sekitar Jabalia dan menewaskan ratusan militan selama operasi tersebut. Namun, operasi tersebut telah dikritik keras karena banyaknya korban sipil yang dilaporkan, dan menghadapi seruan luas untuk mendapatkan lebih banyak pasokan bantuan guna meringankan krisis kemanusiaan di daerah tersebut.

Eiland, mantan kepala Dewan Keamanan Nasional Israel, adalah penulis utama proposal yang banyak dibahas yang dijuluki "rencana para jenderal" yang akan membuat Israel dengan cepat membersihkan Gaza utara dari warga sipil sebelum membuat pejuang Hamas yang masih hidup kelaparan dengan memutus pasokan air dan makanan mereka.

Langkah Israel bulan ini telah menimbulkan tuduhan Palestina bahwa militer telah menyetujui rencana Eiland, yang ia bayangkan sebagai tindakan jangka pendek untuk menghadapi Hamas di utara tetapi yang dilihat Palestina sebagai upaya untuk membersihkan daerah itu secara permanen guna menciptakan zona penyangga bagi militer setelah perang.

Militer telah membantah bahwa mereka mengikuti rencana tersebut dan Eiland sendiri yakin bahwa strategi yang diadopsi bukanlah rencananya, atau pendudukan klasik.

"Saya tidak tahu persis apa yang terjadi di Jabalia," kata Eiland kepada Reuters. "Tetapi saya pikir IDF (Pasukan Pertahanan Israel) melakukan sesuatu yang berada di antara dua alternatif, serangan militer biasa dan rencana saya," katanya.

TIDAK ADA RENCANA UNTUK TINGGAL
Sejak awal perang, Netanyahu menyatakan Israel akan memulangkan para sandera dan membubarkan Hamas sebagai kekuatan militer dan pemerintahan, dan tidak bermaksud untuk tetap tinggal di Gaza.

Namun, pemerintahannya tidak pernah merumuskan kebijakan yang jelas untuk dampak dari operasi tersebut, yang diluncurkan menyusul serangan pada 7 Oktober 2023 terhadap komunitas Israel selatan oleh orang-orang bersenjata Hamas yang menewaskan sekitar 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang.

Menurut pejabat kesehatan Gaza, serangan Israel telah menewaskan hampir 43.000 warga Palestina, dan daerah kantong itu sebagian besar telah berubah menjadi gurun yang membutuhkan miliaran dolar bantuan internasional untuk membangunnya kembali.

Selama berbulan-bulan telah terjadi perselisihan terbuka antara Netanyahu dan Menteri Pertahanan Yoav Gallant yang mencerminkan perpecahan yang lebih luas antara koalisi yang berkuasa dan militer, yang telah lama mendukung tercapainya kesepakatan untuk mengakhiri pertempuran dan membawa pulang para sandera.

Tanpa strategi yang disepakati, Israel berisiko terjebak di Gaza untuk waktu yang lama, kata Ofer Shelah, direktur program penelitian Kebijakan Keamanan Nasional Israel di Institut Studi Keamanan Nasional di Tel Aviv. "Situasi Israel saat ini sangat genting. Kita sedang bergeser ke arah situasi di mana Israel dianggap sebagai penguasa de facto di Gaza," katanya.

Pemerintah Israel tidak segera menanggapi permintaan komentar atas dugaan bahwa militer semakin terhambat di Gaza.

PENYERANGAN TABRAK LARI
Dengan Israel Fokus militer Israel kini diarahkan terhadap gerakan Hizbullah yang didukung Iran di Lebanon, jumlah divisi tentara yang terlibat di Gaza turun menjadi dua, dibandingkan dengan lima pada awal perang. Menurut perkiraan dari sumber keamanan Israel, ada 10.000-15.000 tentara di setiap divisi IDF.

Militer Israel memperkirakan bahwa 25 batalyon Hamas yang dinilai dimiliki Hamas pada awal perang telah dihancurkan sejak lama, dan sekitar setengah dari pasukan, atau sekitar 17.000-18.000 pejuang telah tewas. Namun, sekelompok pejuang tetap melakukan serangan mendadak terhadap pasukan Israel.

"Kami tidak terlibat dengan tank di darat, kami memilih target kami," kata seorang pejuang Hamas, yang dihubungi melalui aplikasi obrolan. "Kami bertindak dengan cara yang membuat kami terus berjuang selama mungkin."

Meskipun taktik semacam itu tidak akan mencegah militer Israel bergerak di sekitar Gaza seperti yang diinginkannya, taktik tersebut masih berpotensi menimbulkan kerugian yang signifikan bagi Israel.

Komandan Brigade Lapis Baja ke-401 Israel tewas di Gaza minggu ini ketika ia keluar dari tanknya untuk berbicara dengan komandan lain di titik pengamatan tempat militan memasang bom jebakan. Ia adalah salah satu perwira paling senior yang tewas di Gaza selama perang. Tiga tentara tewas pada hari Jumat.

"Dengan terbunuhnya Sinwar, tidak ada logika untuk tetap tinggal di Gaza," kata seorang mantan pejabat tinggi militer yang memiliki pengalaman langsung di daerah kantong itu, yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Kantor Netanyahu mengatakan pada hari Kamis bahwa negosiator Israel akan terbang ke Qatar akhir pekan ini untuk bergabung dalam pembicaraan yang telah lama terhenti mengenai kesepakatan gencatan senjata dan pembebasan para sandera.

Namun, apa posisi Hamas nantinya dan siapa yang akan diizinkan Israel untuk menjalankan daerah kantong itu saat pertempuran berhenti masih belum jelas. Netanyahu telah membantah rencana untuk tetap tinggal di Gaza atau mengizinkan pemukim Israel kembali, seperti yang ditakutkan banyak warga Palestina.

Namun, partai-partai garis keras pro-pemukim dalam koalisinya dan banyak partainya sendiri, Likud, sangat ingin membatalkan pengusiran sepihak pemukim Israel tahun 2005 oleh mantan Perdana Menteri Ariel Sharon.

Menteri Keuangan Bezalel Smotrich, yang mengepalai salah satu partai pro-pemukim, mengatakan pada hari Kamis - pada penutupan hari raya Yahudi Simchat Torah - bahwa ia berharap untuk merayakan festival itu tahun depan di blok pemukiman lama Gaza di Gush Katif.

KEYWORD :

Israel Palestina Genocida Gaza Kejahatan Perang




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :