Senin, 28/10/2024 21:34 WIB

Pemuda Harus Terlibat dalam Wujudkan Pembangunan Bangsa

Peran pemuda akan selalu dibutuhkan oleh negara, apapun masa yang dilaluinya.

Kepala Badan Keahlian DPR RI, Inosentius Samsul. (Foto: Dok. Ist)

Jakarta, Jurnas.com - Kepala Badan Keahlian (BK) Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Inosentius Samsul menyampaikan pandangannya terkait kontribusi generasi muda, khususnya Gen Z, terhadap bangsa di Hari Sumpah Pemuda ke-96.

“Peran pemuda akan selalu dibutuhkan oleh negara, apapun masa yang dilaluinya,” katanya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10).

Dia menegaskan, walaupun Sumpah Pemuda yang diikrarkan pada 28 Oktober 1928 menjadi tonggak penting untuk bersatu mewujudkan cita-cita kemerdekaan, kontribusi pemuda Indonesia tidak hanya terbatas saat masa memperjuangkan kemerdekaan. Namun, juga turut berperan besar menjaga kemerdekaan melalui pembangunan yang diupayakan oleh negara saat ini.

Baginya, kontribusi para pemuda dari berbagai latar belakang suku, agama, dan daerah merupakan bentuk dari komitmen bersama mengimplementasikan Sumpah Pemuda yang berupa Satu Tanah Air, Satu Bangsa, dan Satu Bahasa, di mana sumpah ini yang melahirkan kemerdekaan seluruh rakyat Indonesia.

“Anak-anak muda sekarang juga untuk tidak mau kalah atau merasa bahwa bisa juga mengambil bagian dalam proses pembangunan bangsa ini. Kita tentu harus mendukung semangat mereka,” ujar Inosentius.

Mengetahui kini pegawai Setjen DPR RI, khususnya Badan Keahlian Setjen DPR, mulai didominasi oleh Generasi Z, ia mengingatkan agar para pegawai tersebut turut membuka diri untuk belajar dari pengalaman senior.

Menurutnya, upaya ini penting agar dampak dari layanan yang diberikan memiliki nilai positif bagi dewan maupun publik.

Terakhir, Inosentius mengingatkan bahwa semangat Sumpah Pemuda akan tetap relevan untuk mewujudkan cita-cita Indonesia yang lebih maju, tidak hanya dalam aspek politik tetapi juga sosial dan ekonomi.

Pegawai Setjen DPR, tegasnya, berkomitmen untuk berkontribusi sesuai dengan tugas dan fungsinya untuk mewujudkan kesejahteraan bangsa.

“Kalau bicara soal Gen Z, di Badan Keahlian kami juga banyak generasi muda yang terus kami dorong dan kami harapkan semangatnya untuk berpartisipasi secara maksimal dalam tugas-tugas sesuai fungsinya. Semangat ini harus terus berjalan agar masyarakat Indonesia terbebas dari kemiskinan, kebodohan, dan keterbelakangan dibandingkan dengan negara lain,” tandasnya.

 

 

 

 

KEYWORD :

Warta DPR Badan Keahlian Inosentius Samsul Sumpah Pemuda Gen Z




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :