Minggu, 08/09/2024 07:24 WIB

INTERNASIONAL

Turki Siap Bantu Pulihkan Hubungan Qatar dan Negara Arab Lainnya

Turki tak menampik, bahwa setiap negara memiliki sejumlah persoalan dengan negara lainnya, namun dialog adalah obat yang paling munjur yang harus tetap dikedepankan dalam setiap setuasi

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu (Foto: AFP)

Ankara - Menteri Luar Negeri  (Menlu) Turki, Mevlut Cavusoglu mengatakan, pihaknya akan melakukan berbagai cara untuk mendamaikan Qatar dan negara-negara Arab termasuk Arab Saudi dan Mesir yang menuduh Doha mendukung ekstremisme.

"Ini adalah perkembangan yang benar-benar membuat kami kesal," kata Menlu Turki kepada para wartawan dilansir Arab News pada Senin (5/6)

Turki tak menampik,  setiap negara memiliki sejumlah persoalan dengan negara lainnya, namun dialog adalah obat paling manjur yang harus tetap dikedepankan dalam setiap setuasi.

"Kami akan memberikan dukungan apapun agar situasi bisa dinormalisasi," jelasnya. Turki memiliki hubungan persahabatan dengan Qatar termasuk di sektor energi, namun juga menjaga hubungan baik dengan negara-negara Teluk lainnya.

Bahrain, Uni Emirat Arab dan Yaman bergabung dengan Arab Saudi dan Mesir memutuskan hubungan dengan Qatar yang kaya gas. Riyadh menuduh Doha mendukung kelompok ekstremisme, termasuk beberapa yang didukung oleh Iran, yang bertujuan mengganggu stabilitas negara.

KEYWORD :

Turki Arab Saudi Mesir Qatar




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :