Minggu, 08/09/2024 08:35 WIB

Zakat Ramadan Ditargetkan Capai 54 Miliar Rupiah

Demi menargetkan hal tersebut, Baznas menyelenggarakan pelatihan relawan untuk merekrut sebanyak-banyaknya orang untuk melakukan ekspedisi di beberapa daerah di Indonesia nantinya.

Pelatihan dakwah guna mengejar target pengumpulan dana zakat Rp 54 miliar pada Ramadhan 1439 H, Baznas merekrut dan melatih para relawan secara besar-besaran. (Foto: Ist/BAZNAS)

Jakarta - Ketua Panitia Ramadhan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Rulli Kurniawan, menargetkan pengumpulan dana Zakat, infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp 54 miliar pada Ramadhan tahun ini.

Demi menargetkan hal tersebut, Baznas menyelenggarakan pelatihan relawan untuk merekrut sebanyak-banyaknya orang untuk melakukan ekspedisi di beberapa daerah di Indonesia nantinya.

"Kita menggelar pelatihan untuk relawan Baznas. Mudah-mudahan dengan mengobarkan semangat dan mengoptimalkan kerja dan kinerja mereka, kami optimistis bisa mencapai target penghimpunan 54 miliar rupiah,” kata Rulli Kurniawan, di Jakarta, Kamis (3/5/2018).

Rulli menambahkan, Bulan Suci Ramadhan merupakan waktu dimana masyarakat lebih gemar untuk membayar zakat. Pasalnya, Ramadhan dinilai bulan yang tepat meningkatkan pahala melalui ibadah-ibadah seperti zakat.

“Ini karena perilaku sebagian besar masyarakat Indonesia yang masih gemar berzakat pada bulan suci Ramadhan. Karena itu, perlu pelayanan ZIS yang lebih optimal kepada publik pada bulan Ramadhan,” tambahnya.

Rulli juga menyebut keluaran yang diharapkan dari kegiatan ini adalah, relawan Ramadhan Baznas memiliki pengetahuan dan skill yang cukup untuk melayani muzaki dan mustahik selama Bulan Suci.

“Tidak hanya mencapai target pengumpulan ZIS, tapi kita berharap dampak positif lain, yakni agar Baznas dengan pesan zakatnya menjadi top of mind di Indonesia. Kita menjadi organisasi pengelola zakat (OPZ) dengan bellow the line terkuat di negeri ini,” ucap Rulli.

Dalam pelatihan tersebut diikuti 108 relawan, yang akan dikirim ke beberapa wilayah seperti Wilayah sasaran terdiri atas Pulau Kera, Anumban Timur, Anumban Selatan, Metamauk (NTT), Ampana (Sulawesi Tengah), Talang Mamak (Riau), Sinabung (Sumatera Utara), Magelang dan Ori (Jawa Tengah) serta Kalibawang (Yogyakarta). Acaranya akan berlangsung 6 Mei-25 Juni 2018.

KEYWORD :

Zakat Baznas Ramadhan




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :